HomeBeritaHamka B Kady: Perekonomian Indonesia pada 2017 Bisa Tumbuh Lebih Optimistis

Hamka B Kady: Perekonomian Indonesia pada 2017 Bisa Tumbuh Lebih Optimistis

201503311129

Jakarta – Anggota DPR dari Fraksi Partai Golkar Hamka B Kady mengatakan perekonomian Indonesia pada 2017 masih bisa tumbuh lebih optimistis, dari usulan yang diajukan pemerintah yaitu pada kisaran 5,3 persen-5,9 persen.

“Golkar meminta agar lebih optimistis jadi 5,5 persen-6,1 persen di 2017,” kata Juru bicara fraksi Partai Golkar DPR Hamka saat membacakan pandangan fraksi menanggapi Kerangka Ekonomi Makro dan Pokok-Pokok Kebijakan Fiskal 2017 di Sidang Paripurna DPR, Jakarta, Kamis.

Hamka mengatakan kinerja pertumbuhan ekonomi bisa didukung dari peningkatan realisasi penerimaan pajak yang bisa menambah kontribusi kepada belanja modal dan mendorong kemajuan sektor investasi secara tidak langsung.

“Penerimaan pajak bisa didorong dari ekstensifikasi terutama Wajib Pajak Orang Pribadi. Selain itu, pemerintah juga bisa memperlebar ruang defisit untuk mendorong belanja modal,” katanya.

Sebelumnya, dalam rapat Paripurna DPR RI pada Jumat (20/5) Menteri Keuangan Bambang Brodjonegoro menyampaikan Kerangka Ekonomi Makro dan Pokok-Pokok Kebijakan Fiskal 2017 yang didalamnya mencakup sejumlah proyeksi asumsi ekonomi makro.

Proyeksi dasar ekonomi makro ini selanjutnya menjadi basis dalam penyusunan Pokok-Pokok Kebijakan Fiskal 2017 dan Rancangan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara 2017.

Khusus untuk asumsi pertumbuhan ekonomi 5,3 persen-5,9 persen, Menkeu menyampaikan hal itu sudah mempertimbangkan kondisi perekonomian global yang membaik, realisasi pembangunan infrastruktur dan terjaganya daya beli masyarakat.

Selain itu, asumsi tersebut telah mempertimbangkan sejumlah tantangan yang masih dihadapi perekonomian nasional yaitu terbatasnya kapasitas produksi dan daya saing akibat kendala infrastruktur, sumber daya manusia maupun inovasi teknologi serta isu kesenjangan ekonomi dan kedaulatan pangan.

Sumber: ANTARA

Comments

comments

No Comment

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *