HomeBeritaKomisi IV DPR Menilai Operasi Pasar Bukan Kewenangan Kementan

Komisi IV DPR Menilai Operasi Pasar Bukan Kewenangan Kementan

N3SWKwheBj

Jakarta: Pemerintah, dalam hal ini Kementerian Pertanian (Kementan) melakukan operasi pasar besar-besaran dalam menstabilkan harga pangan. Hingga saat ini, operasi pasar telah tersebar di banyak titik khususnya di Jabodetabek.

Namun demikian, upaya tersebut sepertinya tidak membuat terkesan Komisi IV DPR. Menurut anggota Komisi IV DPR, Ichsan Firdaus dari Fraksi Partai Golkar menilai Kementan sebaiknya fokus saja pada bagaimana meningkatkan produksi.

“Kementan enaknya mendengar kalau membahas produksi. Sebaiknya membicara bagaimana meningkatkan produksi,” ujar Ichsan saat rapat kerja Kementan dengan Komisi IV di Gedung MPR/DPR/DPD, Jakarta Pusat, Rabu (22/6/2016).

Menurutnya, upaya melakukan operasi pasar dalam memotong rantai pasok dan menstabilkan harga pangan bukan kewenangannya Kementan. “Sebaiknya berfokus pada produksi saja,” jelasnya.

Menanggapi hal ini, Menteri Pertanian (Mentan) Amran Sulaiman mengatakan pihaknya melakukan operasi pasar karena masalah mendesak. Selain itu, berdasarkan pengakuannya, setiap kali Ia pergi ke daerah manapun, pasti banyak yang menanyakan soal harga pangan dan impor.

Oleh sebab itu, pihaknya terdorong untuk melakukan operasi pasar. “Mau pergi kemanapun pasti ditanya kapan harga turun, lalu ada yang menanyakan mengapa harus impor. Jadi ini lakukan karena kebutuhan,” papar Amran.

Metrotvnews

Comments

comments

No Comment

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *