HomeBeritaDipimpin Adies Kadir, Komisi III Kunjungan Kerja ke PN Surabaya

Dipimpin Adies Kadir, Komisi III Kunjungan Kerja ke PN Surabaya

PN-sby1

Surabaya – Sebanyak empat anggota Komisi III Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI dari daerah pemilihan (dapil) Surabaya-Sidoarjo melakukan kunjungan kerja ke Pengadilan Negeri (PN) Surabaya, Kamis (30/6/2016). Kunjungan ini berkaitan dengan pembahasan RUU jabatan hakim yang tengah dibahas di Komisi III.

Anggota Komisi III DPR RI Adies Kadir mengatakan bahwa dirinya bersama anggota Komisi III lainnya yakni Taufiqul Hadi, Dossy Prasetyo Iskandar dan Achmad Basara ingin meminta masukan dari hakim dan ingin meninjau langsung kondisi yang ada.

“Ini kunjungan biasa, tidak ada kasus yang disoroti. Kami hanya minta saran dan masukan dari para hakim Pengadilan Negeri Surabaya terkait pembahasan RUU jabatan hakim yang tengah dibahas di Komisi III,” ungkap Adies Kadir.

Untuk diketahui, pembentukan UU jabatan hakim merupakan amanat Pasal 19 UU Nomor 48 Tahun 2009 tentang Kekuasaan Kehakiman. Ketentuan itu menyebutkan hakim dan hakim konstitusi adalah pejabat negara yang melaksanakan kekuasaan kehakiman diatur undang-undang.

“UU jabatan hakim Ini mengatur bagaimana hakim sebagai pelaku utama kekuasaan kehakiman, bagaimana rekrutmennya, pembinaan, pengawasan, jaminan perlindungan keamanan, hak dan kewajibannya. Sebab, selama ini belum ada undang-undang yang mengatur khusus jabatan hakim,” ujarnya.

Ketua PN Surabaya Sujatmiko mengatakan, selain soal UU tentang Jabatan Hakim, dalam kunjungannya, komisi III DPR RI juga menanyakan soal fasilitas gedung, soal akuntabilitas penggunaan anggaran serta penerapan pelayanan yang transparan bagi pencari keadilan, sesuai standar dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi.

“Macam-macam, mereka juga tanya soal gedung baru, soal akuntabilitas dalam tata kelolah keuangan, serta transparansi informasi kepada pencari keadilan. Tidak tanya soal kemunginan adanya perkara-perkara lain yang dinggap menonjol,” kata Sujatmiko.

Sujatmiko berharap pada kunjungan kerja gabungan anggota DPR RI dari Dapil Jatim ini bisa membantu meneruskan pembangunan gedung baru Pengadilan Negeri Surabaya, yang sekarang masih ada kekurangan disana-sini.

“Kami juga minta pada Pak Adies Kadir sebagai pimpinan kunjungan kerja, agar bisa membantu merealisasikan anggaran untuk meneruskan pembangunan gedung PN Surabaya,” pungkas mantan kepala Pengadilan Negeri Banjarmasin ini.

Deliknews

Comments

comments

No Comment

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *