HomeBeritaWakil Ketua Komisi X, Ferdiansyah Mendesak Pemerintah Serius Melindungi Profesi Guru

Wakil Ketua Komisi X, Ferdiansyah Mendesak Pemerintah Serius Melindungi Profesi Guru

medium_19FERDIANSYAH

JAKARTA  – Wakil Ketua Komisi X DPR Ferdiansyah mendesak pemerintah melakukan upaya serius melindungi profesi guru. Desakan ini menyusul maraknya kasus kekerasan yang menimpa guru.

Peristiwa kekerasan yang menimpa Dasrul, guru di SMK 2 Makassar menjadi catatan serius untuk ditindaklanjuti oleh pemerintah. Bagaimana pun, lanjut Ferdi, guru dilindungi oleh UU No 14 Tahun 2005 untuk mendapat perlindungan hukum, profesi, keselamatan kerja, dan kesehatan kerja.

“Kita akan mengundang Mendikbud, dan kita coba sisipkan masalah aktual, saat bahas RAPBN. Kalo perlu kita bikin sesi khusus masalah aktual soal kekerasan terhadap guru,” kata Ferdiansyah saat dihubungi di Jakarta, Jumat (12/8/2016).

Politisi Golkar ini mengusulkan agar setiap sekolah membuat perjanjian antara orang tua murid dan murid tentang peraturan di sekolah yang harus diikuti. Dengan demikian, bila terjadi pelanggaran, maka para guru tidak menjadi korban kriminalisasi hukum ataupun kekerasan yang dianggap orang tua murid merugikan peserta didik.

“Kuncinya komunikasi antara siswa, orang tua murid, dan sekolah harus bagus. Dan dalam hal ini pengawas sekolah harus melakukan evaluasi tingkat kualitas komunikasi, tidak hanya mengawasi guru soal kurikulum saja,” jelasnya.

Teropongsenayan

Comments

comments

No Comment

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *