HomeBeritaIni Catatan Komisi X DPR Terhadap Gagasan Sekolah Sehari Penuh

Ini Catatan Komisi X DPR Terhadap Gagasan Sekolah Sehari Penuh

wakil-ketua-komisi-x-dpr-ferdiansyah_20160815_112953

JAKARTA – Beberapa waktu lalu, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Muhadjir Effendy melakukan pembatalan gagasan sekolah sehari penuh atau Full Day School (FDS).

Kendati demikian, sejumlah Anggota Komisi X memberikan catatan terkait gagasan yang kabarnya sudah disampaikan oleh Mendikbud kepada Wakil Presiden.

Wakil Ketua Komisi X DPR Ferdiansyah meminta pemerintah berhati-hati dalam menggagas ide sekolah sehari penuh itu, pasalnya banyak aspek yang harus diperhitungkan, terutama kesiapan guru dan infrastruktur sekolah.

“Misalnya seperti di dapil saya, masih banyak sekolah yang hanya punya bangunan kelas. Apakah memungkinkan untuk sekolah sehari penuh,” kata Ferdi seolah bertanya, dalam keterangannya baru-baru ini.

Menurut politisi F-PG itu, ketika Kemendikbud hendak menerapkan gagasan ini, harus juga ditetapkan kurikulum atau panduan yang baru untuk mengisi kegiatan siswa sampai sore hari.

Seharusnya Kemendikbud juga mempertimbangkan mengenai kegiatan anak di rumah ataupun kondisi fisik si anak.

“Banyak anak yang setelah sekolah ikut membantu keluarga, baik membantu urusan rumah tangga maupun ekonomi keluarga. Faktor kelelahan dan daya tahan tubuh siswa juga harus dipertimbangkan,” kritis Ferdi.

Selain itu, tambah politisi asal dapil Jawa Barat itu, akibat dari aktivitas sekolah sehari penuh adalah menurunnya interaksi sosial anak dengan keluarga serta teman bermain di luar sekolah.

“Jangan sampai seorang kakak tidak pernah berinteraksi dengan adiknya karena lama berada di sekolah. Pulang ke rumah, tapi adiknya sudah tidur,” imbuh Ferdi.

Tribunnews

Comments

comments

No Comment

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *