HomeBeritaGolkar Dukung Kenaikan PT Menjadi 10 Persen Untuk Penyederhanaan Partai

Golkar Dukung Kenaikan PT Menjadi 10 Persen Untuk Penyederhanaan Partai

32179_09470928042014_pemilu-logo-kpu

JAKARTA –¬†Partai Golkar mendukung batas ambang parlemen (parliamentary threshold) dinaikkan dari angka saat ini 3,5 persen menjadi 10 persen. Hal ini agar upaya untuk melakukan penyederhanaan partai bisa betul-betul terwujud.

“Sebagai salah satu Tim Perancang Revisi UU Politik yang terdiri dari pileg, pilpres dan penyelenggara pemilu Partai Golkar, saya mendorong agar parliamentary threshold dinaikkan menjadi 10 persen,” ujar Wakil Sekjen DPP Partai Golkar Maman Abdurrahman (Rabu, 24/8).

“Angka 10 persen itu saya usulkan di dalam Tim Kajian UU Politik di internal PG, dengan harapan ke depan hanya akan ada 4 – 5 partai yang lolos di DPR. Dan ini berlaku sampai ke tingkat kabupaten. Kita akan lihat pembahasan diinternal akan seperti apa,” ucapnya.

Dalam amatannya tentang kondisi perpolitikan nasional saat ini, terjadi sebuah situasi yang kurang sehat. Karena sistem presidensial yang tidak bisa berjalan secara efektif.

“Jadinya seperti sistem presidensial bercita rasa parlementer. Karena cukup banyaknya partai yang pada akhirnya sering sekali program-program legislasi dan anggaran yang sudah dirancang oleh pemerintah jadi terhambat proses persetujuannya karena banyak sekali lobi-lobi partai yang harus dilakukan,” tandasnya.

Menurutnya, jumlah partai yang sedikit akan membuat sistem presidensial bisa betul-betul berjalan baik dengan semestinya.

Sumber: RMOL

Comments

comments

No Comment

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *