HomeBeritaMeutya Hafidz Minta Menkominfo Berhati-hati Putuskan Penurunan Tarif Interkoneksi

Meutya Hafidz Minta Menkominfo Berhati-hati Putuskan Penurunan Tarif Interkoneksi

f7f34d17-7ed9-464a-96f1-ffb9051dbf66

Jakarta – Wakil Ketua Komisi I DPR RI, Meutya Hafidz, menyarankan kepada Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara, untuk berhati-hati memutuskan penurunan tarif interkoneksi.

Pasalnya, menurut dia, ada salah satu pihak operator yang keberatan mengenai rencana penetapan aturan tersebut. Apalagi, topik keberatan yang disampaikan menyangkut potensi kerugian negara yang sangat besar.

“Saya sarankan kepada Menkominfo, kalau ada keberatan itu jangan diabaikan. Saat ini kan saya dengar ada keberatan dari Telkomsel. Coba dibicarakan dulu,” ujarnya kepada awak media di sela-sela rapat Komisi I dengan Menkominfo di Gedung DPR, Jakarta, Kamis (24/8/2016).

Menurutnya, penurunan tarif interkoneksi itu bagus namun penurunan itu harus dikaji lagi soal operator yang keberatan. Oleh sebab itu, persoalan ini harus dibahas secara bersama-sama.

“Hati-hati juga. Saya inginnya minta operator duduk bareng dulu. Kalau bisa interkoneksi tidak turun tapi berimbas ke masyarakat,” terangnya.

Anggota Komisi I DPR lainnya, Sukamta juga ikut berpendapat terkait persoalan ribut-ribut penurunan tarif interkoneksi yang tengah panas dingin saat ini. Menurutnya, dalam persoalan ini pemerintah seharusnya melihat dengan kacamata yang lebih luas.

“Skema yang adil semestinya dengan kondisi operator yang berbeda dalam kekuatan infrastruktur jaringan, biaya interkoneksi dibuat asimetris, disesuaikan dengan kondisi operator. Makanya, yang penting penentuan tarif interkoneksi itu harus adil untuk semuanya,” ujarnya.

Saat ini pemerintah telah menetapkan penurunan tarif interkoneksi antaroperator selular dengan rata-rata 26% dari 18 skema panggilan telepon tetap dan seluler.

Penetapan ini telah diputuskan sesuai Surat Edaran No. 1153/M.Kominfo/PI.0204/08/2016 dan akan diberlakukan mulai 1 September 2016 sampai dengan Desember 2018.

Detikcom

Comments

comments

No Comment

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *