HomeBeritaTemui Wapres, Ketua DPR Apresiasi Kesuksesan Tax Amnesty Tahap 1

Temui Wapres, Ketua DPR Apresiasi Kesuksesan Tax Amnesty Tahap 1

ECQ54a0gc6

Jakarta: Ketua DPR RI Ade Komarudin melakukan pertemuan dengan Wakil Presiden RI Jusuf Kalla, Senin (3/10/2016). Dijelaskan Akom, sapaan Ade Komarudin, salah satu hal yang menjadi pembahasan pertemuan tersebut yakni perihal Tax Amnesty.

“Tadi saya menyampaikan mengenai Tax Amnesty. Dan Alhamdulillah Tax Amnesty yang sempat diragukan bisa berhasil. Saya dapat informasi dari Ibu Menkeu, Tax Amnesty berhasil dengan baik. Awalnya, kita sempat sedikit panik tapi sampai sekarang, sampai jam ini, sudah cukup berhasil,” kata Akom, saat ditemui di Nusantara III DPR RI, Jakarta, Senin (3/10/2016).

Seperti diketahui, pencapaian uang tebusan dari amnesti pajak hingga akhir September 2016 mencapai Rp97,2 triliun, dan deklarasi maupun repatriasi sebesar Rp3.621 triliun (repatriasi Rp137 triliun). Sementara, berdasarkan nilai pencapaian, Indonesia tercatat sebagai penyelenggara program pengampunan pajak tersukses di dunia, dan melewati Italia dengan total harta dilaporkan Rp1.179 triliun, Chili Rp263 triliun, dan Spanyol Rp202 triliun.

“DPR yang ikut mendorong menyukseskan Tax Amnesty berharap ini dapat diselesaikan dengan baik, berjalan dengan baik. Meskipun dalam perjalanan sempat diragukan,” ujar Akom.

Terkait pernyataan Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) bahwa Tax Amnesty merupakan program untuk pengemplang pajak, Akom mengatakan, program Tax Amnesty nyatanya berdampak positif terhadap keuangan negara.

“Pertama, saya tidak mau mengomentari Pak Ahok. Yang kedua, Tax Amnesty ini adalah suatu dasar hukum untuk mengampuni siapa pun orangnya, WNI yang ingin membayar pajak kepada negara dengan baik. Itu filosofi dasar terbentuknya Pansus ini. Alhamdulillah, dengan kerja keras pemerintah dan Kemenkeu semua bisa berjalan dengan baik. Tax Amnesty ini bisa membuat kita bernapas lega, bernapas sedikit lah. Sekarang, bisa bernapas sedikit karena APBN bisa kita sehatkan. Kita optimistis ini bisa berjalan dengan baik,” kata Akom.

Salah satu keberhasilan Tax Amnesty, menurut Akom, karena kinerja Menteri Keuangan yang lama yakni Bambang Brodjonegoro.

“Kita juga berterima kasih terhadap Pak Menkeu yang dulu. Mungkin kalau bukan Pak Bambang menterinya, Tax Amnesty tidak berjalan lancar. Karena beliau sangat humble, komunikasi politiknya bagus dengan semua pihak. Alhamdulillah, Tax Amnesty berjalan dengan baik dan DPR bisa menerima. Artinya, DPR tidak bisa melupakan jasa beliau yang waktu itu. Jadi Menkeu Ibu Sri Mulyani melanjutkan dan juga berjalan dengan baik kepada orang per orang, terutama untuk wajib pajak yang besar,” tutur Akom.

Metrotvnews

Comments

comments

No Comment

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *