HomeBeritaPanja Beasiswa: Perlu Perbaikan Program Beasiswa Papua

Panja Beasiswa: Perlu Perbaikan Program Beasiswa Papua

small_60DSC_0333

JAKARTA – Panja Beasiswa Komisi X DPR menilai program Beasiswa ADiK yang merupakan beasiswa bagi mahasiswa asli dari Papua dan Daerah 3T (Tertinggal, Terluar, dan Terdepan) masih perlu banyak perbaikan. Hal ini terkait dengan banyaknya permasalahan yang ditemukan terkait program tersebut.

Ketua Panja Beasiswa Dikti dan 3T) Komisi X dari Fraksi Partai Golkar Ferdiansyah mengatakan ada banyak permasalahan ditemukan tim panja. Misalnya sebagian calon mahasiswa (5-10%) yang mendapatkan beasiswa ADiK tidak hadir ke Perguruan Tinggi untuk melakukan registrasi, mengalami kesulitan akademik dalam program studi.

“Tingkat kehadiran mahasiswa penerima beasiswa ADiK cukup rendah bahkan ada yang tidak aktif mengikuti perkuliahan. Rekruitmen mahasiswa baru penerima beasiswa ADiK belum dilakukan secara optimal,” kata Ferdiansyah.

Pada umumnya, lanjut dia, penerima beasiswa ADiK kurang dapat menyesuaikan diri dengan lingkungan kampus sehingga mengalami kesulitan dalam proses belajar mengajar. Sebagian penerima beasiswa ADiK bahkan memiliki riwayat penyakit kronis sehingga menyulitkan mahasiswa yang bersangkutan maupun pihak Perguruan Tinggi.

“Karena itu beasiswa ADiK memerlukan perhatian dari sisi seleksi calon penerima beasiswa, tes kesehatan calon penerima beasiswa, daftar ulang ke Perguruan Tinggi, hingga matrikulasi baik dari sisi akademis maupun pengembangan karakter. Dengan proses seleksi yang ketat dan pembekalan yang cukup komprehensif maka berbagai permasalahan di antaranya permasalahan akademis dapat diminimalisir,” paparnya.

Perguruan Tinggi Negeri, lanjutnya, perlu dilibatkan dalam proses seleksi program ADiK dan pengelolaan program beasiswa yang selama ini dikelola oleh pusat. Tambahan beasiswa juga diperlukan.

“Ini untuk mengatasi kecilnya jumlah nominal beasiswa yang disediakan oleh Kemenristekdikti RI,” pungkasnya. (IAN)

Comments

comments

No Comment

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *