HomeBeritaGolkar Perintahkan Kader di DPR Kebut Pembahasan RUU Pemilu

Golkar Perintahkan Kader di DPR Kebut Pembahasan RUU Pemilu

ketua-umum-partai-golkar-setya-novanto-menyampaikan-pidato-sambutannya-_160727175323-410

JAKARTA – Ketua Umum Partai Golkar Setya Novanto sudah memerintahkan kepada kadernya yang duduk di DPR untuk segera menyelesaikan pembahasan RUU Pemilu.

Diketahui, DPR telah menerima draf Rancangan Undang-Undang (RUU) Pemilu dan Amanat Presiden RUU Pemilu dari pemerintah.

“Karena ini memang sudah ditunggu rakyat masalah UU Pemilu ini. Waktunya juga sudah dekat,” ujar Novanto di EX Golf Driving Range, Senayan, Jakarta, Minggu (23/10).

Mantan Ketua DPR tersebut menambahkan, dirinya bersama dengan Fraksi Partai Golkar di DPR sudah melakukan kajian terhadap draft RUU Pemilu tersebut. Menurut Novanto draft itu sangat penting bagi penyelenggaraan Pemilu serentak tahun 2019 nanti.

“Tentu itu yang terbaik untuk kepentingan bangsa dan rakyat,” karaknya.

Sebelumnya, Wakil Ketua DPR Agus Hermanto mengatakan lembaganya telah menerima draf RUU Pemilu dan Amanat Presiden RUU Pemilu, pada Jumat (21/10). Karenanya dia berjanji akan segera menindaklanjutinya.

Dia mengatakan Pimpinan DPR akan mengagendakan Rapat Pimpinan pada Senin (24/10) dan rapat Badan Musyawarah (Bamus) pada Selasa (25/10).

Menurut dia, Amanat Presiden RUU Pemilu itu akan dibacakan dalam rapat paripurna pada Rabu (26/10) dan akan diputuskan apakah dibahas dalam Panitia Khusus atau Panitia Kerja.

Sekadar informasi, revisi UU Pemilu masuk dalam Program Legislasi Nasional (Prolegnas) 2016. UU Pemilu terdiri dari UU Nomor 8 tahun 2012 tentang Pemilu Legislatif (Pileg), UU Nomor 42 tahun 2008 tentang Pemilu Presiden  dan Wakil Presiden (Pilpres), serta UU Nomor 15 tahun 2011 tentang Penyelenggara Pemilu.

Salah satu yang diatur adalah pelaksanaan Pemilu serentak tahun 2019 yang tahap pelaksanaannya akan dimulai pada 2017 atau berbarengan dengan penyelenggaraan Pilkada serentak 2017.

Sumber: Jawa Pos

Comments

comments

No Comment

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *