HomeBeritaMeutya Hafid: DPR Tunggu Surat Pimpinan untuk Fit and Proper Test Calon Dubes

Meutya Hafid: DPR Tunggu Surat Pimpinan untuk Fit and Proper Test Calon Dubes

20140321Strategi-Pemenangan-Partai-Golkar-170214-YM-21Meutya

Jakarta – Presiden Jokowi sudah menyerahkan nama-nama calon duta besar kepada DPR untuk diuji kepatutan dan kelayakannya. Surat tersebut sudah diserahkan ke Pimpinan DPR.

“Info yang saya dapat surat dari Presiden sudah masuk ke pimpinan DPR,” ucap Wakil Ketua Komisi I DPR Meutya Viada Hafid, Sabtu (26/11/2016).

Dia mengatakan, jika surat itu masuk ke Komisi I, baru dilaksanakan uji kelayakan dan kepatutan atau fit and proper test kepada para kandidat duta besar.

“Nanti Komisi I DPR RI menunggu surat dari pimpinan untuk melakukan fit and proper test. Artinya masa sidang ini ya harus terlaksana. Pelaksanaannya sendiri mungkin 2-3 hari, dengan asumsi ada 20-an calon,” jelas Meutya.

Sementara itu, Ketua Komisi I DPR Abdul Kharis Almasyhari menuturkan, baru hanya mendengar isu saja soal daftar calon dubes yang beredar. Sebab, hingga saat ini belum melihat surat dari Presiden.

“Sampai sekarang Komisi I memang belum menerima. Tapi untuk uji kelayakannya, itu akan dibacakan di sidang paripurna mendatang oleh Pimpinan DPR,” tegas Abdul.

Dia mengungkapkan, jika proses lancar, maka pekan kedua Desember, baru akan dilakukan uji kelayakan.

Anggota Komisi I DPR RI Sukamta menuturkan, segera rapat dengan para anggota dan pimpinan di komisi, jika memang surat dari Presiden sudah diterima. “Memang surat baru masuk dan akan segera kita rapatkan,” pungkas Sukamta.

Liputan6

Comments

comments

No Comment

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *