HomePress Release7 Pernyataan Sikap DPP Partai Golkar Terkait Etnis Rohingya

7 Pernyataan Sikap DPP Partai Golkar Terkait Etnis Rohingya

Logo-Partai-Golkar

Perkembangan informasi di media massa mengenai terjadinya bentrokan antara militer Myanmar dengan kelompok etnis Rohingya di Provinsi Rakhine, Myanmar, yang telah mengakibatkan jatuhnya korban jiwa dan kerusakan, merupakan tragedi kemanusiaan yang patut mendapat perhatian lebih dari dunia internasional. Tragedi tersebut telah mengundang keprihatinan internasional, karena merupakan salah satu bentuk pelanggaran yang bertentangan dengan Hak Azasi Manusia. Kelompok etnis Rohingya sebagai kaum minoritas di Myanmar telah direnggut kebebasannya sebagai warga negara dengan tidak diakui kewarganegaraannya oleh pemerintah Myanmar, yang mengakibatkan mereka kesulitan mendapat akses dasar yang sepatutnya diperoleh setiap manusia seperti kesehatan, pendidikan maupun tempat tinggal yang layak.

Terkait isu tersebut, bersama ini DPP Partai GOLKAR menyatakan:

  1. Menyesalkan terjadinya tragedi kemanusiaan tersebut dan menyampaikan simpati sedalam-dalamnya kepada para korban. Kami berharap agar kejadian ini tidak pernah terulang lagi di belahan dunia manapun.
  2. Mendorong Pemerintah Indonesia untuk berperan aktif dalam penyelesaian konflik ini melalui diplomasi, baik secara bilateral, regional melalui organisasi ASEAN, maupun di Forum-forum Internasional lainnya.
  3. Mendorong Pemerintah Indonesia untuk mendesak pemerintahan Myanmar di bawah pimpinan Aung San Suu Kyi, yang merupakan peraih nobel perdamaian, untuk menunjukkan keseriusannya dalam menyelesaikan konflik dan permasalahan kelompok etnis Rohingya demi terciptanya perdamaian di Myanmar.
  4. Mendorong Pemerintah Indonesia untuk menghimbau negara-negara tetangga yang berbatasan langsung dengan Myanmar agar mau berbesar hati dan menerima pengungsi Rohingya yang saat ini masih terus berusaha menyelamatkan diri.
  5. Mendorong Pemerintah Indonesia untuk mendesak Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) maupun Organisasi Internasional dan Regional lainnya sudah semestinya melakukan investigasi terhadap kemungkinan terjadinya pelanggaran Hak Azasi Manusia dan melakukan langkah-langkah nyata untuk menyelesaikan konflik tersebut.
  6. Mendorong Pemerintah Indonesia untuk mendesak PBB agar melakukan intervensi kemanusiaan jika kasus ini masih berlarut-larut sebagai salah satu bentuk tanggung jawab terhadap kemanusiaan (Responsibility to Protect).
  7. Mendorong Pemerintah Indonesia untuk mengirim bantuan kemanusiaan ke Provinsi Rakhine, Myanmar dan menerima, membantu serta memberi perlindungan terhadap para pengungsi Rohingya yang datang ke Indonesia.

Comments

comments

No Comment

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *