HomeBeritaRidwan Hisjam Ajak Masyarakat Tidak Apriori dengan Lembaga Legislatif

Ridwan Hisjam Ajak Masyarakat Tidak Apriori dengan Lembaga Legislatif

WhatsApp-Image-2016-11-29-at-11.37.42-660x330

Anggota DPR RI, Ridwan Hisjam, hari ini, mengisi sekolah legislatif bagi Dewan Perwakilan Mahasiswa Universitas Merdeka (Unmer) Malang. Legislator asal Malang Raya itu, menekankan keberadaan Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) merupakan hal yang sangat penting bagi demokrasi, sebab menjadi penyeimbang atau pengawas bagi eksekutif yakni pemerintah.

“DPR RI ini memiliki tiga fungsi yakni pengawasan, legislasi dan penganggaran, sehingga dari sini nampak jika legislatif memiliki peran yang sangat strategis dalam jalannya roda pemerintahan,” kata Ridwan Hisjam.

Dikatakan pula, selama ini masyarakat memandang para anggota DPR RI dengan dua cara, ada yang memandang positif karena menilai peran dan tugasnya sangat amat penting dan vital, namun juga ada yang memandang secara negatif, karena sekadar melihat perilaku beberapa anggota dewan yang terseret kasus korupsi dan kasus lainnya.

“Secara jujur saya katakan, dari 560 anggota DPR RI hanya 10 persen yang berkelakuan buruk, tidak semuanya, itu ditambah dengan hipnotis media yang kerap menyudutkan DPR RI,” tukasnya.

Karenanya, Ridwan berharap di masa mendatang ada upaya ijtihad atau pembenahan terhadap lembaga DPR RI dengan beberapa cara, termasuk diantaranya adalah sistem rekrutmen di partai politik yang baik dan diukur berdasarkan kompetensi dan pengabdian. “Anggota DPR harus fokus pada kinerjanya dan yang terpenting adalah adanya transparansi di lembaga DPR RI,” tukasnya.

Malangtoday

Comments

comments

No Comment

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *