HomeBeritaPartai Golkar Dorong Peningkatan Kualitas Hakim

Partai Golkar Dorong Peningkatan Kualitas Hakim

3df9e108-8127-46ca-a137-ee340bdf16e4

Jakarta – Penegakan hukum di Indonesia harus dimulai dengan peningkatan kualitas hakim. Penegakan hukum seyogyanya jadi panglima dalam konsepsi bernegara. Komitmen negara hukum perlu terus ditingkatkan demi kesejahteraan dan kemakmuran.

“Selama ini hukum masih seperti pisau, tajam ke bawah dan tumpul ke atas. Untuk itu, revisi RUU Jabatan Hakim dapat dijadikan perangkat untuk mengembalikan hukum pada porsi yang benar,” ujar Achmad Zacky Siradj, Rabu (30/11) di Gedung Parlemen dalam Seminar Fraksi Partai Golkar bertajuk Peningkatan Kualitas Peradilan Melalui Profesionalitas Hakim.

Menurutnya komitmen penegakan hukum harus mampu memberikan rasa adil bagi masyarakat. Keputusan hakim tidak hanya berdasarkan independensi dan kebebasan. “Tapi yang paling utama harus dapat memberikan rasa adil,” kata anggota DPR Komisi III tersebut.

Zacky juga menambahkan persoalan etika hakim harus terus diperbaiki dan ditingkatkan. Untuk itu pula, melalu revisi RUU Jabatan Hakim, Fraksi Golkar ingin mendorong terciptanya peradilan yang lebih adil dengan tampilnya hakim-hakim yang kompeten, mumpuni dan berintegritas.

RUU Jabatan Hakim sendiri diketahui merupakan hak inisiatif DPR RI yang diajukan oleh Komisi III DPR RI sejak September 2015. Setelah melalui berbagai proses diskusi dan rangkaian penyusunan, akhirnya Naskah akademis (NA) dan draf RUU ini disampaikan kepada Badan legislasi (Baleg) DPR RI untuk dilakukan harmonisasi, pembulatan dan pemantapan konsep.

Indonesiadailynews

Comments

comments

No Comment

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *