HomeBeritaParlemen Korsel Berharap Kerjasama dengan DPR RI Ditingkatkan

Parlemen Korsel Berharap Kerjasama dengan DPR RI Ditingkatkan

Presiden Joko Widodo (kiri) berbincang dengan Ketua Parlemen Republik Korea Selatan (kedua kiri) Chung Sye-kyun bersama anggota Parlemen Republik Korea Selatan di Istana Merdeka, Jakarta, Kamis (12/1). Pertemuan tersebut diantaranya membahas peningkatan kerja sama perdagangan dan investasi. ANTARA FOTO/Puspa Perwitasari/aww/17.

JAKARTA – Parlemen Korea Selatan yang dipimpin Mr. Chung Sye-kyun mengunjungi Dewan Perwakilan Rakyat (DPR). Ketua DPR RI Setya Novanto menyambut baik kunjungan tersebut yang memiliki arti penting bagi upaya peningkatan hubungan bilateral Indonesia dan Republik Korea.

“Terlebih lagi, Indonesia dan Republik Korea telah menandatangani Deklarasi Bersama untuk Kemitraan Strategis pada tahun 2006 guna meningkatkan hubungan ekonomi, perdagangan, dan politik kedua negara,” kata Novanto usai pertemuan di ruang rapat pimpinan, Gedung DPR, Senayan, Jakarta Pusat, Kamis (12/1/2017).

Menurut Novanto, ada tiga hal yang dibicarakan dalam pertemuan tersebut selain membicarakan hubungan parlemen Indonesia dengan Korsel. Yakni juga menyoroti kerjasama dalam perdagangan khususnya adanya penurunan nilai perdagangan dan investasi antara Korsel dan Indonesia.

“Kami mendorong pemerintah masing-masing untuk meningkatkan nilai perdagangan dan investasi,” terangnya.

Novanto memaparkan total volume perdagangan kedua negara pada 2014 sebesar USD22,5 miliar, pada 2015 sebesar USD16,1 miliar, dan pada 2016 (dari bulan Januari sampai Oktober) tercatat sebesar USD11,2 miliar.

Pembahasan terakhir, menurut Ketua Umum Partai Golkar itu yakni adanya kerjasama di bidang pertahanan seperti pembuatan pesawat tempur, atau jet fighter yang sempat terhenti. Kini Indonesia, lanjut Novanto memiliki saham 20% dalam kerjasama tersebut.

Sementara itu, Ketua Parlemen Korea Selatan Mr. Chung Sye-kyun berharap kerjasama ini saling menguntungkan satu sama lain.

“Oleh karena itu kita berjanji untuk memajukan ekonomi kedua negara bersama-sama,” ucap Chung.

Okezone

Comments

comments

No Comment

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *