HomeBeritaWarga Rembang Temui Ketua DPR Berharap Pabrik Semen Indonesia Beroperasi Kembali

Warga Rembang Temui Ketua DPR Berharap Pabrik Semen Indonesia Beroperasi Kembali

perwakilan-warga-dari-lima-desa-di-rembang-jawa-tengah_20170112_230959

JAKARTA – ‎‎Perwakilan warga dari lima desa di Rembang, Jawa Tengah, Kamis (12/1/2017) siang mendatangi Gedung DPR, Jakarta.

Kedatangan mereka ke gedung parlemen untuk menemui Ketua DPR RI, Setya Novanto.

Lima desa tersebut adalah Desa Timbrangan, Tegaldowo, Kadiwono, Pasucen dan Kajar yang berada di wilayah ring 1 Pabrik Semen Indonesia.

Warga dari lima desa tersebut mendatangi Ketua DPR untuk mengadukan pabrik Semen Indonesia yang berlokasi tak jauh dari permukiman mereka agar dapat beroperasi kembali.

“‎Kedatangan kami menemui Pak Setya Novanto, Ketua DPR RI untuk meminta dukungan dari DPR agar pabrik Semen Indonesia yang berada di wilayah kami tetap bisa beroperasi,” kata Sarki perwakilan warga Rembang.

Kata dia, dirinya tidak mempermasalahkan pabrik tersebut beroperasi, justru yang mempermasalahkan justru orang lain.

Warga Rembang, kata Sarki justru mendapatkan manfaat dari ‎adanya pabrik semen yang tak jauh dari kawasan permukimannya tersebut.

Pihaknya pun berharap agar DPR dapat memperjuangkan kembali beroperasinya pabrik semen itu.

“‎Terus terang pak, kami sudah merasakan manfaat dari adanya pabrik semen di wilayah desa kami yang ring 1 ini. Mohon bapak bisa memperjuangkan aspirasi kami,” tuturnya.

Masih kata Sarki, warga lima desa yang berada di Ring 1 pabrik Semen Indonesia, berhak punya masa depan yang baik.

Warga tidak rela bila ada orang-orang yang menggagalkan beroperasinya pabrik semen tersebut.

Warga Rembang lainnya, Suwarti mengatakan, bahwa dengan adanya pabrik semen tersebut, maka warga desa setempat bisa memiliki mata pencaharian baru dari bisnis katering dan kost karyawan.

Dirinya berharap keuntungan yang didapat warga atas berdirinya pabrik semen tersebut dapat terus berlangsung.

“‎Jangan sampai upaya mereka untuk memperbaiki kesejahteraan dengan membuka usaha baru, pupus gara-gara penolakan segelintir orang,” ujarnya.

Sementara itu, Setya Novanto menyatakan bahwa pemerintah memang membutuhkan semen dalam jumlah besar demi menunjang pembangunan infrastruktur yang kini tengah dilakukan secara intensif.

Berkaitan dengan hal tersebut maka keberadaan pabrik semen sangat dibutuhkan.

Terhadap permintaan warga lima desa di wilayah Ring 1 pabrik Semen Indonesia Rembang, Novanto menyatakan bahwa DPR akan memperjuangkan hal tersebut.

Tentunya yang menjadi dasar adalah laporan dari Komisi VI DPR RI.

“DPR akan memperjuangkan semaksimal mungkin. Dasarnya adalah laporan Komisi VI DPR RI yang telah meninjau ke sana. Dan sudah melaporkan secara lengkap,” kata Novanto

“Namun, juga perlu ditunjang langkah Gubernur Jawa Tengah untuk memperbaiki Amdal-nya,”‎ tambah Novanto.

Menurut Novanto, ada jalan tengah, dalam arti pabrik semen tetap bisa berjalan, tanpa harus menimbulkan kerusakan lingkungan, yaitu dengan cara mendatangkan bahan bakunya dari luar.

Segera beroperasinya pabrik semen tersebut, menurut Novanto akan memberikan manfaat bagi warga setempat.

Diantaranya warga bisa menjadi karyawan pabrik semen, serta usaha-usaha rakyat yang muncul dengan adanya pabrik semen tersebut.

“Terkait dengan polemik yang terjadi saat ini, DPR RI mengajak seluruh pihak untuk membicarakan segala hal dengan baik, arif dan bijaksana,” kata Novanto.

Tribunnews

Comments

comments

No Comment

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *