HomeBeritaSetya Novanto Kaji Skala Prioritas Institut Teknologi Sumatera

Setya Novanto Kaji Skala Prioritas Institut Teknologi Sumatera

w750_h400px__1485409411

BANDAR LAMPUNG–Ketua DPR RI Setya Novanto akan mendorong Kemenristek Dikti meningkatkan sarana dan prasarana Itera sesuai skala prioritasnya. Ketua Umum Dewan Perwakilan Pusat (DPP) Partai Golkar itu juga berjanji memberi bantuan teleskop untuk di Observatorium Astronomi Itera Lampung (OAIL). Observatorium rencananya didirikan di Gunung Betung, sebagai sarana penelitian dan astronomi.

“Kami siap mendukung kemajuan teknologi perguruan tinggi,” ujarnya kepada Lampung Post, Kamis (26/1/2017) di Aula Lantai III Itera. Menurut dia, Lampung mendapat perhatian tinggi dari pemerintah pusat.

“Berharap percepatan pembangunan di Lampung bisa berjalan lancar dan sinkron dengan neraca APBN lewat pemangkasan,” kata alumni Universitas Trisakti.

Ketua DPD I Golkar Lampung Arinal Djunaidi berjanji akan memberi bantuan teleskop untuk OAIL sebagai upaya peningkatan kualitas pendidikan dan penelitian di Lampung. “Jumlahnya akan kami sesuaikan dengan kebutuhan. Harga satu teleskop sekitar Rp50 juta,” kata Arinal.

Rektor Itera Ofyar Z. Tamin berharap proses percepatan pembangunan Itera bisa terlaksana. Minimnya anggaran dari pusat menjadi kendala Itera selama ini.

Menurut dia, untuk menjadi perguruan tinggi setingkat ITB, Itera diberi waktu hanya 25 tahun dengan kebutuhkan anggaran Rp5,5 triliun. “Jadi per tahun butuh Rp250 miliar, sementara realisasinya hanya Rp10 miliar per tahun,” ujarnya.

Lampost

Comments

comments

No Comment

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *