HomeBeritaGolkar Perjuangkan Penambahan Dapil pada Pemilu 2019

Golkar Perjuangkan Penambahan Dapil pada Pemilu 2019

1404876843

Jakarta – Partai Golkar akan memperjuangkan penambahan daerah pemilihan (Dapil) pada Pemilu 2019 mendatang. Perjuangan itu dilakukan dalam revisi UU Pemilu yang saat ini sedang dibahas DPR dan pemerintah.

“Kita ingin tambah dari jumlah sekarang,” kata Wakil Sekjen Partai Golkar, Tb. H. Ace Hasan Syadzily, di Jakarta, Selasa (7/2).

Ia menjelaskan, penambahan dapil diperlukan karena jumlah penduduk terus bertambah. Wilayah geografis Indonesia juga sangat luas. “Jumlah sekarang 77 dapil. Perlu ditambah 5-10 dapil lagi,” tutur anggota Komisi II DPR ini.

Selain meminta penambahan dapil, Partai Golkar juga menginginkan alokasi kursi yang diperebutkan di tiap dapil menjadi lebih sedikit. Jika pada Pemilu 2014 lalu, 3-10 kursi maka pada pemilu 2019 diharapkan turun menjadi 3-6 kursi per dapil.

Menurutnya, penambahan jumlah Dapil sangat penting supaya anggota DPR terpilih bisa lebih dekat dengan rakyat. Jika dapilnya terlalu luas, masyarakat hanya mengenal calon anggota legislatif (Caleg) atau mengenal anggota terpilih lewat foto atau spanduk.

“Berbeda jika dapilnya diperkecil maka sang caleg atau anggota terpilih bisa mengunjungi seluruh daerah di dapilnya,” kata Ace.

Beritasatu

Comments

comments

No Comment

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *