HomeBeritaLIPI Gandeng Satya Widya Yudha, Laksanakan Diseminasi Iptek di Bojonegoro

LIPI Gandeng Satya Widya Yudha, Laksanakan Diseminasi Iptek di Bojonegoro

LIPI-Gandeng-Wakil-Ketua-Komisi-VII-640x415

BOJONEGORO- Sebagai wakil rakyat untuk Daerah Pemilihan (Dapil) IX yaitu wilayah Kabupaten Bojonegoro dan Tuban, anggota DPR-RI dari Fraksi Partai Golongan Karya (Golkar), Satya Widya Yudha, senantiasa mengingat konstiuennya. Hal itu dibuktikan dengan kegiatan Diseminasi Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (Iptek) Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI), yang dilaksanakan di Balai desa Plesungan, Kecamatan Kapas, Kabupaten Bojonegoro, Provinsi Jawa Timur, Sabtu (11/02/2017).

-09kepada warga desa sasaran kegiatan. Termasuk dengan kegiatan Diseminasi kelapa hibrida yang disampaikan kepada warga setempat termasuk juga memberikan bantuan sebanyak 1500 bibit kepala hibrida untuk ditanam di lahan milik warga desa setempat.

Untuk memberikan motivasi kepada warga setempat, dalam kesempatan diseminasi tersebut juga ditanam bibit kelapa hibrida secara simbolis di lahan milik Kepala desa Plesungan H. Mohammad Choiri yang berada di belakang Balai dan Kantor desa Plesungan. Penanaman bibit kelapa dipandu oleh Drs Sancoyo, dengan diikuti penananam pohon secara simbolis oleh anggota DPR-RI Setya Widya Yudha, Ketua DPRD Bojonegoro Hj Mitroatin, Wakil Ketua LIPI Prof Dr Bambang Subiyanto, Camat Kapas H. Sukirno, Kapolsek Kapas AKP Ngatimin dan Kepala desa Plesungan H. Mohammad Choiri.

Asisten I Setkab Bidang Pemerintahan Djoko Lukito saat memberikan sambutan pada acara Diseminasi Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (Iptek) Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI), yang dilaksanakan di Balai desa Plesungan, Kecamatan Kapas, Kabupaten Bojonegoro, Provinsi Jawa Timur, Sabtu (11/02/2017).
LIPI-Gandeng-Wakil-Ketua-Komisi-VII-DPR-RI-3
Dalam sambutanya, Wakil Ketua LIPI Prof Dr Bambang Subiyanto mengatakan, jika kegiatan yang dilaksanakan merupakan bentuk kerjasama LIPI dengan Anggota DPR-RI Setya Widya Yudha yang masuk sebagai Wakil ketua Komisi VII DPR-RI.

“Kehadiran LIPI ke Bojonegoro kali ini, berkat adanya kerjasama dengan Wakil Ketua Komisi VII DPR-RI Setya Widya Yudha. Kami diusung ke Bojonegoro untuk memberikan Diseminasi Iptek tentang tanaman kelapa hibrida dan cara pembuatan pupuk kompos organik Bio Poska,” tegas Wakil Ketua LIPI Bambang Subiyanto, Sabtu (11/02/2017).

Masih menurut Bambang Subiyanto, kegiatan diseminasi sesuai dengan arahan Presiden RI Joko Widodo, bahwa pihak LIPI harus memberikan pelatihan-pelatihan kepada masyarakat, dengan kegiatan yang bisa langsung dilaksanakan dan bermanfaat untuk masyarakat.

Memberikan Diseminasi Iptek dari LIPI kepada masyarakat tentang kelapa hibrida dan pembuatan pupuk kompos merupakan kegiatan yang langsung bisa dirasakan oleh masyarakat dan ke depan akan sangat bermanfaat bagi masyarakat setempat.

Wakil Ketua Komisi VII DPR-RI Setya Widya Yudha saat melaksanakan penanaman bibit kelapa hibrida secara simbolis di acara Diseminasi Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (Iptek) Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI), yang dilaksanakan di Balai desa Plesungan, Kecamatan Kapas, Kabupaten Bojonegoro, Provinsi Jawa Timur, Sabtu (11/02/2017).

LIPI-Gandeng-Waka-Komisi-VII-

Sementara itu, wakil Ketua Komisi VII Setya Widya Yudha dalam penyampaian sambutanya mengatakan, sesuai dengan bidangnya di Wakil ketua Komisi VII DPR-RI yakni, meliputi energi sumber daya mineral, riset dan teknologi, serta lingkungan hidup. Maka pihaknya, memboyong LIPI untuk memberikan Dseminasi inovasi tentang penanaman bibit kelapa hibrida dan pelatihan pembuatan pupuk kompos organik bagi warga Desa Plesungan, Kecamatan Kapas, Bojonegoro.

“Dulu, Kabupaten Bojonegoro dan Tuban itu merupakan daerah penghasil kelapa sehingga dengan diberikannya bantuan bibit kelapa kepada warga sekaligus ada diseminasi tentang bibit kepala tersebut, diharapkan kelapa akan bisa kembali menjadi produk andalan bagi warga Bojonegoro. Sehingga mempu mengembalikan kejayaan Bojonegoro menjadi daerah penghasil kelapa seperti zaman dulu,” tegas SW Yudha, Sabtu (11/02/2017).

Masih menurut SW Yudha, ke depan warga Bojonegoro akan diberikan program-program yang bermanfaat bagi warga setempat. Termasuk, pendampingan dari LIPI tentang penanaman padi yang menghasilkan 8 hingga 12 ton per hektarnya. Serta pendampingan bagi pelaku kegiatan Usaha Kecil dan Menengah (UKM) agar memperoleh sertifikat ISO sehingga ke depan usaha para UKM akan mampu bersaing dalam usahanya tersebut.

Sebelumnya, disampaikan sambutan selamat datang yang disampaikan Camat Kapas H. Sukirno, sambutan Asisten I Setkab bidang Pemerintahan Djoko Lukito, Ketua DPRD Bojonegoro Hj Mitrotin.

Di sesi I acara diisi Diseminasi Iptek oleh LIPI tentang Budidaya dan pengembangan tanaman kelapa oleh Dr Joko Ridho Witono,M.Si, dilanjutkan dengan Sesi II tentang pembuatan pupuk kompos, praktek atau simulasi pembuatan pupuk kompos oleh Riki Ruhimat,SP dengan dipandu moderator Suhendra Mulia,SE,M.Si.

RakyatIndependen

Comments

comments

No Comment

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *