HomeBeritaBambang Soesatyo Minta Polri Waspadai Kerawanan Usai Hitung Suara

Bambang Soesatyo Minta Polri Waspadai Kerawanan Usai Hitung Suara

059214300_1427457457-Kisruh_Golkar

Jakarta – Anggota Komisi III DPR Bambang Soesatyo memastikan situasi Jakarta dan kota-kota lainnya aman saat pelaksanaan pemungutan suara. Namun aparat keamanan harus mewaspadai kerawanan yang justru baru muncul pasca-penghitungan suara.

“Perkiraan kita sih pencoblosan pagi ini akan berlangsung aman. Namun yang rawan adalah pasca-penghitungan suara. Itu yang harus diantisipasi,” ujar Bambang di Mapolda Metro Jaya, Rabu (15/2/2017).

Karena itu, Bambang mewakili Komisi III DPR meminta agar polisi lebih fokus melakukan pengamanan pasca-pencoblosan. Beberapa kendaraan taktis diminta diterjunkan di beberapa titik yang dianggap rawan gesekan.

“Saya minta kendaraan-kendaraan antidemonstran itu siap diterjunkan di titik rawan, seperti daerah Kota,” tutur dia.

Politisi Partai Golkar itu menuturkan, bahwa kondusifitas pagi ini terlihat dari komitmen para pemilih dan tim sukses masing-masing kandidat untuk menjaga keamanan. Sementara gesekan yang terjadi pasca-pencoblosan terlihat dari beberapa indikasi selama ini.

“Ya kan jauh-jauh hari kan sudah ada isu SARA. Itu yang mesti diantisipasi. Mudah-mudahan Polri dibantu TNI bisa mengantisipasi itu,” kata Bambang.

Bambang meminta agar aparat keamanan bersikap tegas, dan menerapkan zero toleransi untuk ketertiban dan keamanan pilkada.

“Dan kepada pendukung dan pemilih sebaiknya menerima yang menjadi putusan rakyat, siapa yang menang siapa yang kalah harus berbesar hati,” dia memungkasi.

Beberapa anggota Komisi II dan Komisi III DPR bersama pimpinan KPU, Bawaslu, dan Polri menggelar rapat tertutup di Mapolda Metro Jaya terkait pelaksanaan pilkada serentak.

Selanjutnya, mereka bersama-sama akan meninjau sejumlah tempat pemungutan suara (TPS) di Jakarta. TPS yang didatangi di antaranya adalah tempat Presiden Joko Widodo mencoblos di kawasan Gambir, Jakarta Pusat, dan tempat Wakil Presiden Jusuf Kalla di kawasan Dharmawangsa, Jakarta Selatan.

Liputan6

Comments

comments

No Comment

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *