HomeBeritaBantuan Sapi DPR, Bantu Wujudkan Swasembada Peternakan

Bantuan Sapi DPR, Bantu Wujudkan Swasembada Peternakan

lasttttttttt

BANTUL — Bantuan sebanyak 120 ekor sapi indukan melalui Program Jalur Aspirasi DPR RI yang disalurkan oleh Wakil Ketua Komisi IV Bidang Pertanian, Peternakan, Kehutanan, dan Lingkungan Hidup DPR RI, Siti Hediati Soeharto, SE, atau akrab dikenal pula dengan nama Titiek Soeharto kepada 8 kelompok ternak di Kabupaten Bantul diharapkan dapat membantu program pemerintah dalam mewujudkan swasembada di bidang ternak, khususnya di wilayah Kabupaten Bantul.

Kepala Seksi Perbibitan dan Produksi, Dinas Pertanian, Kabupaten Bantul, Nur Singgih, menyatakan, pihaknya saat ini memang tengah menggenjot pertambahan jumlah ternak sapi di wilayah Kabupaten Bantul. Yakni dengan upaya penambahan jumlah sapi indukan di sejumlah kelompok ternak, salah satunya dengan program bantuan sapi induk siap bunting dari pemerintah pusat.

“Memang sebenarnya bantuan dari pemerintah pusat sudah ada. Namun memang volume dan jumlahnya masih terbatas. Karena itu adanya bantuan lewat Jalur Aspirasi DPR RI ini, diharapkan dapat membantu menambah jumlah sapi indukan di Kabupaten Bantul. Sehingga diharapkan program swasembada di sektor peternakan dapat tercapai,” katanya.

Singgih menyebutkan, di wilayah Kabupaten Bantul sendiri saat ini terdapat sebanyak kurang-lebih 56.000 sapi ternak yang tersebar di sebanyak 600 lebih kelompok ternak. Dari jumlah itu, tercatat hanya sekitar separuhnya atau sebanyak 24.000 sapi saja yang produktif.

“Tahun 2017 ini kita harapkan ada banyak sapi produktif yang bisa bunting. Target yang kita tetapkan itu ada sebanyak 18.000 ekor sapi. Yakni dengan persentase tingkat keberhasilan 80 persen. Sehingga diharapkan akan ada penambahan jumlah sapi di Bantul tahun ini sebanyak 14.000 ekor,” katanya.

Proses pendataan sendiri dikatakan sudah mulai dilakukan sejak bulan November 2016 lalu di semua kelompok ternak. Setiap perkembangan nantinya akan dilakukan secara rutin dengan tim pemantau khusus dengan hasil yang dilaporkan langsung ke tingkat pusat.

Sementara itu, salah seorang kelompok ternak penerima bantuan, dari Kelompok Ternak Remboko, Dusun Sranggan Karang Tengah, Imogiri, Bantul, Sugito, mengatakan, sangat bersyukur dengan adanya bantuan sapi induk lewat Program Jalur Aspirasi DPR RI yang disalurkan oleh Wakil Ketua Komisi IV Bidang Pertanian, Peternakan, Kehutanan, dan Lingkungan Hidup DPR RI, Siti Hediati Soeharto, SE.

Ia menilai, adanya bantuan sapi induk tersebut tentu akan sangat membantu proses peningkatkan jumlah produksi ternak anggota kelompok ternak Remboko. Pasalnya, selama ini jumlah sapi produktif yang ada di kelompoknya masih terbatas. Sehingga membutuhkan waktu lama untuk bisa menambah jumlah ternak.

“Kita sangat berterima kasih dengan adanya bantuan ini. Kita berharap bantuan ini dapat mempercepat penambahan jumlah ternak kelompok kita sehingga dapat mensejahterakan semua para peternak,” katanya.

Kelompok Ternak Remboko sendiri saat ini memiliki sekitar 50 ekor sapi ternak. Seluruhnya dikelola oleh sekitar 30 orang peternak dari Dusun Sranggan, Karang Tengah, Imogiri, Bantul.

Sebagaimana diberitakan sebelumnya, Wakil Ketua Komisi IV DPR RI, Siti Hediati Soeharto, SE, memberikan bantuan berupa indukan sapi kepada kelompok ternak se-Kabupaten Bantul, Jumat (17/02/2017), sore. Penyerahan bantuan secara simbolis dilakukan pada salah satu kelompok ternak penerima bantuan, yakni Kelompok Ternak Remboko yang berada di Dusun Sranggan, Karang Tengah, Imogiri, Bantul.

Total ada sebanyak 120 ekor indukan sapi diberikan pada sebanyak 8 kelompok ternak di wilayah Kabupaten Bantul. Masing-masing kelompok ternak mendapatkan sebanyak 15 ekor sapi indukan. Bantuan ini sendiri merupakan progran Jalur Aspirasi DPR RI yang dalam hal ini disalurkan oleh Wakil Ketua Komisi IV Bidang Pertanian, Peternakan, Kelautan dan Lingkungan Hidup, Siti Hediati Soeharto, SE.

Cendananews

Comments

comments

No Comment

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *