HomeBeritaFirman Soebagyo Pimpin Kunjungan Kerja Badan Legislasi DPR RI ke Provinsi Jambi

Firman Soebagyo Pimpin Kunjungan Kerja Badan Legislasi DPR RI ke Provinsi Jambi

a22cedef-875e-47a8-8049-6c1fd8af3e5d

Dalam rangka penyebarluasan Program Legislasi Nasional Rancangan Undang-Undang Prioritas Tahun 2017 diantaranya RUU Perkelapasawitan dan RUU Perlindungan dan Pengakuan Hak Masyarakat Adat dan Perubahan Program Legislasi Nasional 2015 – 2019 Baleg melaksanakan kunjungan kerja ke Provinsi Jambi yang bertempat di Ruang Utama Kantor Gubernur Jambi, Rabu (22/2/2017) siang.

Sebagai Pimpinan Rombongan Kunjungan Kerja, Firman Soebagyo berharap sosialisasi yang dilakukan oleh Badan Legislasi DPR RI mampu menjadi ajang untuk menjalin komunikasi dengan daerah dan para pemangku kepentingan yang terkait dengan RUU yang akan dibahas menjadi UU.

Dalam tahun 2017 terdapat 49 RUU Program Legislasi Nasional, dan Provinsi Jambi merupakan salah satu daerah yang berkaitan dalam RUU Perkelapasawitan.

RUU Perkepalasawitan sangat penting karena kelapa sawit merupakan salah satu potensi besar penerimaan negara diluar migas, namun belum ada UU yang mengaturnya dengan baik, dari hulu sampai hilir.

Wakil Gubernur (Wagub) Jambi, Dr Drs H Fachrori Umar M Hum mengatakan, komoditi kelapa sawit merupakan primadona Provinsi Jambi, dan oleh karena itu, RUU Perkelapasawitan sangat penting bagi Provinsi Jambi, dengan harapan agar dengan keberadaan Undang-Undang Perkelapasawitan kelak, pihak-pihak yang berkecimpung dalam usaha kelapa sawit sangat semakin sejahtera, terutama masyarakat petani sawit.

Terkait masuknya RUU Perlindungan dan Pengakuan Hak Masyarakat Adat dalam Prolegnas Tahun 2017, Wagub mengungkapkan bahwa keberadaan masyarakat adat juga menjadi perhatian Pemerintah Provinsi Jambi, dimana Provinsi jambi banyak memiliki kearifan lokal yang perlu diakomodir, yang tentunya akan menjaga kelestarian adat-istiadat masyarakat dan disisi lain menjaga kelestarian alam dan lingkungan hidup.

Turut hadir Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Jambi, Drs.H.Erwan Malik,MM, Plt. Asisten Bidang Pemerintaahan, Drs.Asnawi AB, dan Plt. Kepala Biro Pemerintahan Setda Provinsi Jambi, Drs.Yazirman, Wakil Ketua LAM Provinsi Jambi, perwakilan dari Askindo (Asosiasi Kelapa Sawit Indonesia) Provinsi Jambi dan perwakilan dari perusahaan pertambangan.

Comments

comments

No Comment

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *