HomeBeritaKetua DPR Tinjau Persiapan Penyambutan Raja Salman di Parlemen

Ketua DPR Tinjau Persiapan Penyambutan Raja Salman di Parlemen

1743067IMG-20170225-152726780x390

JAKARTA¬†–¬†Raja Arab Saudi Salman bin Abdulaziz al-Saud akan datang ke Indonesia pada 1-9 Maret mendatang. Salah satu tempat yang akan dikunjunginya adalah kompleks parlemen Senayan pada Kamis (2/3/2017).

Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Setya Novanto meninjau langsung berbagai persiapan untuk menyambut Raja Salman beserta rombongan.

Menggunakan kemeja putih lengan pendek dipadu celana panjang hitam, Novanto hadir di kompleks parlemen pada Sabtu (25/2/2017).

Saat tiba, Novanto langsung menuju Ruang Rapat Paripurna I. Ruang itu akan digunakan Raja Salman di untuk berpidato di hadapan anggota DPR RI, MPR RI, dan DPD RI.

“Ya kami dengan tim protokoler antara pihak kerajaan, pihak Kemenlu, Kesekjenan, persiapkan sebaik mungkin yang memberikan kesan aman dan tentram,” kata Novanto.

Tak hanya ruang sidang, Novanto juga meninjau toilet di gedung berbentuk kura-kura itu. Dua toilet laki-laki yang berada di lantai satu dekat ruang operasional dimasuki Novanto dengan memberikan sejumlah arahan.

“Saya selaku Ketua DPR juga ingin memberikan yang terbaik buat Raja, negara Saudi Arabia dan juga negara Indonesia. Supaya dalam penerimaan ini memberikan kesan, harapan kedua negara ini kerja sama semakin baik,” ucap Novanto.

Menurut Novanto, tidak ada permintaan khusus dari rombongan Raja Salman. Persiapan di parlemen, lanjut dia, merupakan penyesuaian terhadap usia Raja Salman yang telah menginjak 81 tahun.

Salah satu penyesuaian itu adalah pembuatan tangga landai di depan gedung kura-kura. Dengan begitu, Raja Salman tidak perlu menaiki anak tangga. Saat ini persiapan di Parlemen telah mencapai 80 persen.

“Ini bukan permintaan khusus. Tapi kan kalau presiden kita ke negera lain juga disesuaikan. Raja mau ke sini kami lihat keadaannya harus disesuaikan. Misalnya, jalan kami sesuaikan, keadaan duduk kami sesuaikan, supaya semuanya itu nyaman,” ujar Novanto.

Kompas

Comments

comments

No Comment

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *