HomeBeritaKetua DPR akan undang Ormas-ormas Islam saat kunjungan Raja Salman

Ketua DPR akan undang Ormas-ormas Islam saat kunjungan Raja Salman

dpr-akan-undang-pbnu-mui-muhammadiyah-saat-kunjungan-raja-salman

Ketua Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) Setya Novanto kembali meninjau persiapan gedung parlemen untuk kunjungan Raja Arab Saudi, Salman bin Abdulaziz al-Saud. Novanto menyebut, persiapan DPR menyambut Raja Salman sudah 90 persen. Dia yakin persiapan kedatangan Raja Salman selesai pada Selasa (28/2).

“Iya persiapan hari ini saya sudah mengecek yang kedua kalinya. Hari ini sudah 90 persen tinggal kita persiapan karpet-karpetnya, sound systemnya termasuk persiapan beliau (Raja Salman) duduk di mana,” kata Novanto di Komplek Parlemen, Senayan, Jakarta, Senin (27/2).

Persiapan yang belum dilakukan hanya pemasangan karpet, pengeras suara dan tempat duduk khusus bagi Raja Salman. Pihak protokoler Kerajaan Arab Saudi meminta tinggi kursi Raja Salman 55 cm. Pihaknya pun telah menyiapkan kursi khusus demi kenyamanan Raja Salman.

“Rasanya supaya nyaman, enak, ini kita sudah persiapkan dari pintu utama, pintu jalan, sampai hal-hal yang menyangkut terkait masalah Indonesia,” terangnya.

Ketua Umum Partai Golkar ini menuturkan, DPR juga berencana mengundang tokoh dan ulama-ulama dari sejumlah organisasi keagamaan saat Raja Salman berkunjung pada tanggal (2/3). Tujuannya untuk memantau langsung kerja sama antara DPR dan pihak Arab Saudi.

“Ini tentu harapan yang kita inginkan dan saya juga mengundang beberapa ulama-ulama Islam dan juga tokoh-tokoh dari PBNU, MUI, Muhammadiyah dan lain-lain. Untuk bisa melihat Raja yang bagaimana kita selalu mengadakan kerja sama,” jelas dia.

Pihaknya juga akan memperhitungkan perjalanan Raja Salman dan rombongan. Protokoler DPR telah menyiapkan jalur khusus untuk Raja Salman di pelataran Gedung Nusantara dan depan Ruang Paripurna.

“Kita sudah siap, kita sudah menghitung perjalanannya, karena beliau keadaan usianya yang sudah lanjut. Tentu diperlukan kehati-hatian di dalam melakukan jalannya, agar semuanya tidak terganggu dalam jalannya,” ucapnya.

Raja Salman dijadwalkan memberikan pidato politiknya di depan anggota dewan. Setelah berpidato, DPR akan menampilkan dokumenter perjalanan hubungan kerjasama antara Indonesia dan Arab Saudi dari waktu ke waktu. Pemutaran dokumenter menjadi agenda rutin saat pimpinan Arab Saudi datang ke Indonesia.

Setya Novanto menambahkan, kunjungan Raja Salman memiliki makna penting bagi hubungan dan kerjasama Indonesia dan Arab Saudi. Termasuk kerja sama di bidang ekonomi, politik, sosial dan budaya. Dalam pertemuan itu, DPR dan Parlemen Arab Saudi juga akan bertemu dan membahas kerjasama.

“Supaya kerjasama Saudi Arabia dengan Indonesia apakah Saudi Arabia investasi di Indonesia. Indonesia investasi di Saudi Arabia. Ini bisa betul-betul diwujudkan untuk kepentingan program-program lebih jauh,” ucapnya.

Merdeka

Comments

comments

No Comment

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *