HomeBeritaBertemu Raja Salman, Ketua DPR Dipanggil Sayyid

Bertemu Raja Salman, Ketua DPR Dipanggil Sayyid

1488445017

Jakarta – Ketua DPR, Setya Novanto, mendapat tepuk tangan luar biasa dari peserta pertemuan dengan Raja Salman dari Arab Saudi, Kamis (2/3). Tepuk tangan bergemuruh saat Setya Novanto dipanggil dan diperkenalkan sebagai Sayyid.

Novanto dipanggil “Assayid Setya Novanto” oleh pembawa acara. Sementara Novanto sendiri menyebut Raja Salman sebagai “Khadimul Haramain As-Syarifain” yang artinya Pelayan Dua Kota Suci Islam.

Berdasarkan situs wikipedia Indonesia, disebutkan bahwa sayyid adalah gelar kehormatan yang diberikan kepada orang-orang yang merupakan keturunan Nabi Muhammad SAW melalui cucunya, Hasan bin Ali dan Husain bin Ali, yang merupakan anak dari anak perempuan Nabi Muhammad SAW, Fatimah az-Zahra dan menantunya Ali bin Abi Thalib. Keturunan wanita mendapatkan gelar berupa Sayyidah, Alawiyah, Syarifah, atau Sharifah.

Beberapa kalangan Muslim juga menggunakan gelar sayyid untuk orang-orang yang masih merupakan keturunan Abu Thalib, paman Nabi Muhammad, yaitu Abbas, serta Ja’far, Aqil, dan Thalib.

Kata sayyid isecara harfiah berarti “Tuan”, atau kata dalam bahasa Inggris yang artinya paling mendekati adalah Sir atau Lord.

Kata lain dalam bahasa Arab yang mirip adalah Syekh dan Syarif. Keturunan dari Hasan bin Ali yang pernah memerintah Mekah, Madinah, Irak pada masa Kesultanan Turki Utsmaniyah dan sekarang di Yordania, yaitu Hasyimiyah juga menggunakan gelar Syarif.

Di dunia Arab, Syarif digunakan oleh keturunan Hasan bin Ali, sedangkan gelar Sayyid digunakan oleh keturunan Husain bin Ali.

Beritasatu

Comments

comments

No Comment

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *