HomeBeritaDi Hadapan Raja Salman, Ketua DPR Meminta Kuota Haji Ditambah

Di Hadapan Raja Salman, Ketua DPR Meminta Kuota Haji Ditambah

1488440625

Jakarta – Ketua DPR Setya Novanto menyanjung sekaligus menyampaikan sejumlah permintaan kepada Raja Salman bin Abdulaziz al-Saud dari Arab Saudi, lewat pidatonya di pertemuan di Gedung Parlemen, Kamis (2/3).

Kata Novanto, setelah terakhir kali terjadi 47 tahun lalu dengan Raja Faisal berkunjung ke Gedung Parlemen, kini sejarah kembali berulang dengan kedatangan Raja Salman. Menurutnya, kunjungan ini adalah sebuah kehormatan besar bagi DPR dan rakyat Indonesia.

“Atas nama seluruh anggota DPR dan rakyat Indonesia, selamat datang, ahlan wa sahlan,” kata Novanto.

Dilanjutkannya, kunjungan Raja Salman menandai babak baru hubungan Arab saudi dan Indonesia, yang tak hanya terjalin baik di pemerintahan, namun juga masuk ke dalam perasaan rakyat Indonesia. Novanto lalu memuji Raja Salman yang bersedia memulihkan serta bahkan menambah kuota haji untuk rakyat Indonesia. Kini jumlahnya 221 ribu.

Setelah memuji, Novanto lalu masuk dengan permintaannya

“Sebagai negara berpenduduk muslim terbesar di dunia, penambahan kuota itu sangat berarti. Di Indonesia, antrian haji ada menunggu sampai 25 tahun. Bahkan ada yang wafat selama penantian. Kami yakin, teriring doa, Sri Baginda akan menambah kuota lagi untuk umat Islam,” kata Novanto yang disambut tepuk tangan peserta sidang itu.

Novanto juga mengingatkan bahwa di 47 tahun lalu, Indonesia dan Arab Saudi sama-sama bersikap menghadapi ancaman komunisme dan zionisme. Kini, persatuan keduanya dilakukan dalam menciptakan perdamaian dunia. “Saat ini bagaimana menciptakan perdamaian dunia, khususnya dari ancaman terorisme dan radikalisme. Kalau Indonesia dan Arab Saudi dapat bersatu padu, dampaknya besar dalam menciptakan perdamaian dunia,” kata Novanto.

Dengan perdamaian itu, kata Novanto, maka semuanya bisa membangun untuk menciptakan kemakmuran. Atas landasan itu, Indonesia pun menyambut visi Arab Saudi 2030, yang ingin mengembangkan investasi di kawasan Asia, khususnya Indonesia.

“Dengan stabilitas politik dan keamanan, Indonesia menjanjikan. Apalagi ekonomi Indonesia bisa tumbuh di atas 5 persen. Maka DPR mendukung penekenan 11 MoU antara kedua negara,” kata Novanto.

Tak lupa Novanto menyampaikan dukungan DPR RI atas perbaikan kerja sama menyangkut tenaga kerja Indonesia yang dibutuhkan Arab Saudi. “‚ÄéKami juga harap atas kerja sama tenaga kerja, supaya bisa dipulihkan lagi dengan menghormati sistem hukum Arab Saudi. Apabila ada rakyat bersalah, maka kami mohon kemurahan hati baginda untuk memberikan ampunan,” kata Novanto yang banyak mengumbar senyuman sepanjang pidatonya itu.

Ditegaskannya, DPR siap mendukung berbagai kerja sama Indonesia dengan Arab Saudi.

Terakhir, Novanto mengingatkan lagi soal hubungan Indonesia yang sangat erat dengan Arab Saudi.

“Saya ingin ulang kalimat bertuah almarhum Raja Faisal di hadapan sidang istimewa DPR GR pada 47 tahun lalu. Barangsiapa yang ingin mengingkari hubungan yang istimewa antara Indonesia dan Arab Saudi, sama dengan mengingkari matahari di siang hari,” ujar Novanto.

Beritasatu

Comments

comments

No Comment

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *