HomeGAGASAN ANGGOTASelfie di Kampung Wisata Literasi

Selfie di Kampung Wisata Literasi

Tulisan oleh:

Marlinda Irwanti Poernomo (Anggota Komisi X DPR RI)

Upaya pemuda di Desa Kembang Langit, Kab Batang dalam membangun desa wisata patut dicontoh, agar pembangunan desa wisata tidak seperti orang latah, yang hanya mengikuti tren saja tanpa Inovasi.

Hal itu disampaikan Anggota Komisi X DPR Marlinda Irwanti dalam keterangan persnya usai melakukan kunjungan kerja di masa reses di Lokasi Wisata di Desa Kembang Langit, Kabupaten Batang pada 10 Maret 2017.

Lokasi selfie di Desa Kembang Langit

Marlinda Irwanti menilai upaya pemuda di Desa Kembang langit membangun desa wisata yang pernah meraup keuntungan hingga Rp 110 juta selain menggerakkan ekonomi desa sekaligus mampu memecahkan persoalan yang dihadapi warga desa.

Ia menuturkan, kebun karet milik Perhutani yang awalnya kerap dijadikan tempat mesum dan meminum miras, diubah menjadi tempat selfie dengan mematok tarif Rp 3000 per orang.

Sementara itu, ditemui di Gedung DPR/MPR Sebagai tindak lanjut atas kunjungan kerja tersebut, Marlinda Irwanti berencana membangun kampung literasi di Kabupaten Batang. Ia menjelaskan lewat kampung literasi Ia ingin meningkatkan minat baca masyarakat yang masih rendah sekaligus menggerakkan ekonomi masyarakat.

“Di kampung literasi orang bisa membaca sambil selfie atau menikmati pemandangan, karena akan dibangun perpustakaan dalam bentuk rumah pohon,” tuturnya.

Ia berpendapat, selama ini perpustakaan didesain kurang menarik sehingga orang enggan untuk datang, lewat perpustakaan di rumah pohon ia berkeyakinan mampu menarik orang untuk datang untuk berwisata sekaligus membaca buku.

Hal itu dikatakannya sebagai upaya meningkatkan minat baca masyarakat yang di sebut Survei Unesco pada 2012 berada diperingkat 60 dari 61 negara yang disurvei, dengan indeks minat baca hanya 0,001 dari 1000 penduduk atau setiap 1.000 penduduk, hanya satu orang yang memiliki minat baca.

Ia menegaskan minat baca masyarakat Indonesia harus ditingkatkan karena akan memengaruhi daya saing dalam menghadapi persaingan global.

Comments

comments

No Comment

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *