HomeBeritaRambe: Demokrasi Indonesia Mengarah pada Demokrasi Liberal

Rambe: Demokrasi Indonesia Mengarah pada Demokrasi Liberal

MEDAN— Ketua Fraksi Partai Golkar MPR RI Rambe Kamarul Zaman menyebut demokrasi Indonesia saat ini mengarah pada demokrasi liberal. Demokrasi Indonesia yang mestinya bernapaskan nilai-nilai Pancasila, katanya, tergantikan dengan kehendak pemilik modal.

Demikian disampaikan Rambe Kamarul Zaman dalam keterangan persnya kepada rilis.id, Selasa (28/3/2017).

“Demokrasi kita ini sudah semi-semi liberal. Di mana kekuatan modal yang berbicara. Demokrasi bukan lagi pada nilai Pancasila, tapi sesuai keinginan si pemilik modal,” papar Rambe saat Sosialiasi Empat Pilar MPR RI di kantor DPD II Partai Golkar Tapanuli Selatan, Sumatera Utara, Senin (27/3).

Rambe mengungkapkan pemilik modal ini menguasai setiap lini kehidupan demokrasi, tak terkecuali partai politik. Mereka lah sebetulnya yang berkuasa, atau memiliki suara mayoritas, dan penentu kebijakan.

“Parpol disetir sesuai keinginan mereka, semauanya gue, bahasa anak gaul Jakartanya,” tutur Rambe yang disambut tawa para kader dan pengurus Partai Golkar se-Tapsel.

Dalam demokrasi liberal, kata Rambe, yang berkuasa adalah suara mayoritas. Mirip seperti Indonesia saat ini, di mana yang berkuasa adalah pemilik modal yang memiliki suara mayoritas di tiap lini demokrasi.

“Demokrasi Indonesia harus dikembalikan seperti yang dicitakan para pendiri bangsa. Mari mulai dari kita, bagaimana berdemokrasi sesuai nilai Pancasila,” ajak anggota Komisi II DPR ini.

Sumber: Rilis.id

Comments

comments

No Comment

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *