HomeBeritaBambang Soesatyo: Penunjukan Saldi Isra Awal Regenerasi Dunia Peradilan

Bambang Soesatyo: Penunjukan Saldi Isra Awal Regenerasi Dunia Peradilan

JAKARTA-Ketua Komisi III DPR Bambang Soesatyo memuji keputusan Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang akhirnya memilih Saldi Isra menggantikan Patrialis Akbar sebagai Hakim Mahkamah Konstitusi (MK).

“Sebagai orang muda yang selalu menyuarakan desakan bagi reformasi sektor hukum nasional, terpilihnya Saldi Isra sebagai hakim konstitusi tentunya menumbuhkan banyak harapan,” kata Bambang, Sabtu (8/4/2017).

“Tidak hanya mendengarkan, Saldi Isra harus menghayati aspirasi rakyat, dan berani menginisiasi terobosan bagi percepatan reformasi hukum nasional,” lanjutnya.

Tantangan yang akan dihadapi Saldi Isra, Bambang mengingatkan sangatlah berat. Birokrasi di sektor hukum sarat dengan masalah. Banyak peraturan perundang-undangan tidak sejalan dengan konstitusi.

“Praktik hukum pidana marak dengan jual beli pasal-pasal. Dakwaan dan tuntutan penegak hukum bisa dinegosiasikan. Semua praktik penegakan hukum yang menyimpang itu telah melumpuhkan supremasi hukum di negara ini,” papar Bambang.

“Kepercayaan rakyat pada lembaga peradilan sudah mendekati titik nol. Bagi rakyat kebanyakan, penegak hukum kadang tidak menyelesaikan masalah, tetapi lebih sering justru mengeskalasi persoalan,” katanya lagi.

Terpilihnya Saldi Isra karena Mahkamah konstitusi dirundung masalah, tercermin dari oknum hakim konstitusi yang terjaring OTT KPK. Kasus ini, lanjut Bambang Soesatyo, sudah menjelaskan banyak aspek negatif kepada Saldi Isra.

Tentu saja masyarakat berharap Saldi sebagai orang muda yang menjabat Hakim konstitusi mampu dan berani memperbaiki semua hal negatif itu.

“Komisi III DPR juga memaknai penunjukan Saldi Isra sebagai awal regenerasi di dunia peradilan,” Bambang Soesatyo menegaskan kembali.

Tribunnews

Comments

comments

No Comment

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *