HomeBeritaSyamsul Bachri Nilai Persiapan Desa Migran Produktif di Kupang Belum Matang

Syamsul Bachri Nilai Persiapan Desa Migran Produktif di Kupang Belum Matang

KUPANG — Wakil Ketua Komisi IX DPR RI Syamsul Bachri menilai persiapan pemerintah terkait pembentukan desa migran produktif (Desmigratif) di Kupang belum optimal. Hal tersebut diungkapkannya usai meninjau Desa Camplong, Fatuleu, Kab. Kupang,  Nusa Tenggara Timur (NTT), Jumat (7/4).

“Pemerintah ingin menyediakan berbagai infrastruktur sebagai dukungan kepada desa kantong TKI agar mereka betah dan tidak perlu keluar negeri. Sayangnya, mereka belum dapat arahan yang komprehensif dari pemerintah,” ujar politisi dari F-Golkar ini.

Dia menjelaskan konsep Desmigratif sangat baik untuk masyarakat yang tinggal di daerah kantong TKI. Melalui program ini calon TKI akan diberikan pendampingan dan pelatihan, hingga memberikan peluang kerja bagi yang purna TKI agar mereka tidak perlu lagi  menjadi buruh kasar di negeri lain.

Ia pun mendukung program Desmigratif untuk segera dijalankan sehingga masyarakat mengurungkan niatnya untuk bekerja ke luar negeri sebagai buruh migran. Namun,  berdasarkan informasi yang didapatkan dari warga setempat, mereka belum mendapatkan arahan yang komprehensif dari pemerintah.

“Anggarannya kita dukung, tapi jangan sampai program baik, konsepnya baik, namun pelaksanaannya di lapangan tidak berjalan dengan baik,” kata dia.

republika

Comments

comments

No Comment

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *