HomePROFIL ANGGOTAAndi Rio Idris Padjalangi

Andi Rio Idris Padjalangi

987555cd-343f-40c2-a953-47c03d8e9ac1

Golkar – Dapil Sulawesi Selatan II
Komisi I – Pertahanan, Intelijen, Luar Negeri, Komunikasi dan Informatika
Alat Kelengkapan Dewan: Badan Legislasi

Latar Belakang

Andi RIo Idris Padjalangi terpilih kembali menjadi Anggota DPR-RI periode 2014-2019 dari Partai Golongan Karya (Golkar) mewakili Dapil Sulawesi Selatan II setelah memperoleh 77,962 suara.  Ia memilki latar belakang profesi sebagai Notaris. Andi menikah dengan Shanty Listiawaty dan dikaruniai dua orang anak. Andi adalah adik dari Bupati Bone Andi Fahsar M. Padjalangi.

Di periode 2014-2019, Andi bertugas di Komisi X yang membidangi pendidikan, kebudayaan, pariwisata, ekonomi kreatif, pemuda dan olahraga.  Pada April 2015 terjadi banyak mutasi di Fraksi Golkar dan sekarang Andi bertugas di Komisi I yang membidangi luar negeri, komunikasi dan informatika dan pertahanan.

Di Mei 2016, Andi Rio dilaporkan oleh ke Mahkamah Kehormatan Dewan (MKD) atas tuduhan tidak bertanggung jawab dan meninggalkan pasangannya yang selama 2 tahun menjalani hidup bersama tanpa ikatan.

Pendidikan

S1, Universitas Islam Indonesia, Yogyakarta (1999)

S2, Universitas Diponogoro, Semarang (2001)

Perjalanan Politik

Andi Rio Idris Padjalangi adalah anggota Komisi X yang membidangi Pendidikan, Kebudayaan, Pariwisata, Ekonomi Kreatif, Pemuda, Olahraga dan Perpustakaan untuk periode 2014-2019.

Pada bulan Juni 2012, Rio terpilih sebagai Ketua Pansus RUU Jabatan Notaris. “Menurut Andi Rio, RUU Jabatan Notaris merupakan revisi dari Undang-undang Nomor 30 tahun 2004 tentang Jabatan Notaris. Pada undang-undang tersebut ada pasal-pasal yang dianggap tidak bisa diimplementasikan yakni Pasal 15 ayat 2 huruf. Bunyi pasal itu notaris berwenang pula membuat akta yang berkaitan dengan pertanahan. Andi menambahkan, bila RUU revisi ini berhasil diselesaikan, akan memudahkan kerja para notaris. Kemudian umur notaris juga akan diatur dalam RUU ini.”

Comments

comments

No Comment

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *