HomeBeritaKomisi IV DPR: Jangan Hanya Karena Cacing Rakyat Kecil Dipenjara

Komisi IV DPR: Jangan Hanya Karena Cacing Rakyat Kecil Dipenjara

BOGOR – Anggota Komisi IV DPR RI Ichsan Firdaus meminta persoalan pengambilan cacing Sonari di Taman Nasional Gunung Pangrango (TNGP), Jawa Barat tidak perlu berlebihan dan dibesar-besarkan.

“Tak perku sampai menggunakan UU No.41 tahun 1999 tentang kehutanan. Selesaikan secara bijak agar tidak menciptakan kesan kriminalisasi pada masyarakat kecil sekitar TNGP,” ujar Ichsan melalui keterangan tertulisnya, Kamis (11/5).

Ichsan mengaku dirinya melihat penanganan kasus ini seperti mengulang kesalahan dalam penanganan kasus pencurian kayu-kayu kecil untuk kebutuhan sehari-hari oleh seorang nenek beberapa bulan yang lalu.

“Jangan sampai itu terulang lagi. Tidak seharusnya dilakukan penahanan terhadap masyarakat kecil dalam penanganan pidana kehutanan,” papar politisi Golkar ini.

Seharusnya kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan menyelidiki lebih dahulu siapa cukong atau bandar yang mendorong rakyat kecil untuk mengambil cacing hutan itu, bukan dengan memenjarakan rakyat kecil seperti Didin dan rekan lainnya.

“Jangan selalu mengorbankan rakyat kecil, kenapa tidak memburu pengepulnya,” tegas politisi Golkar ini.

Sebagaimana diketahui memang cacing hutan punya nilai ekonomis tinggi sekitar Rp. 40.000 per ekornya. sehingga mendorong rakyat kecil di sekitar Taman Nasional itu mencoba mengambilnya.

Namun, lanjut Ichsan, yang perlu ditekankan oleh kementerian LHK adalah pembinaan dan tindakan preventif untuk menjaga taman nasional, bukan dengan cara menjebloskan rakyat kecil ke penjara.

“Jangan sampai ada kesan penanganan tindak pengrusakan hutan itu tajam ke bawah tetapi tumpul ke atas. Apalagi sampai terjadi kriminalisasi rakyat kecil,” pungkas legislator asal Dapil Jabar V itu.

Sumber: fajar.co.id

Comments

comments

No Comment

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *