HomeBeritaHetifah Sjaifudian Soroti Program Kesehatan Reproduksi

Hetifah Sjaifudian Soroti Program Kesehatan Reproduksi

Jakarta – Senin (13/6), bertempat di Ruang Pertemuan Badan Anggaran (Banggar) Gedung Nusantara 1 DPR RI, dilaksanakan rapat mengenai Rancangan Jadwal Acara Panitia Kerja Rencana Kerja Pemerintah (Panja RKP) Pembicaraan Pendahuluan Penyusunan RAPBN Tahun 2018 dengan mitra kerja Bappenas.

Arifin Rudiyanto selaku Deputi Bidang Pengembangan Regional menjelaskan mengenai permasalahan umum RKP 2018 yang terdiri dari beberapa fokus yakni dimensi pembangunan manusia, dimensi pemerataan dan kewilayahan, dimensi sektor unggulan serta kondisi perlu.

Selanjutnya terkait aspek dimensi pembangunan manusia yang memprioritaskan dalam hal pendidikan, kesehatan dan permukiman.

“Terkhusus untuk prioritas nasional dalam bidang kesehatan, Bappenas berupaya melakukan peningkatan kesehatan ibu dan anak, peningkatan pencegahan dan pengendalian penyakit serta gerakan masyarakat hidup sehat,” kata Arifin Rudiyanto.

Menanggapi hal tersebut Hetifah Sjaifudian, Anggota Fraksi Partai Golkar, mengatakan diperlukan program yang lebih spesifik terkait prioritas nasional dalam bidang kesehatan, seperti pendidikan seks bagi usia dini dan hak reproduksi perempuan.

“Selama ini program yang ada kurang tepat sasaran. Contoh saja, program KB (Keluarga Berencana) tidak bisa menekan laju pertumbuhan penduduk dan angka pernikahan dini serta aborsi yang mengalami peningkatan setiap tahunnya,” kata Hetifah.

Di akhir pertemuan, Bappenas menyimpulkan bahwa terkait permasalahan tersebut Pemerintah akan menelaah dan merumuskan hal-hal yang belum tercakup.

Comments

comments

No Comment

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *