HomeGAGASAN ANGGOTAKunjungan Kerja ke Kaltim, Panja SNPT Komisi X DPR Bertemu 23 PTN dan PTS

Kunjungan Kerja ke Kaltim, Panja SNPT Komisi X DPR Bertemu 23 PTN dan PTS

Oleh: Dr. Marlinda Irwanti SE.MSi

Panitia Kerja (panja) Standar Nasional Pendidikan Tinggi (SNPT) Komisi X DPR RI melakukan kunjungan kerja ke Provinsi Kalimantan Timur. Dalam kunjungan tersebut, Panja melakukan pertemuan dengan 23 Perguruan Tinggi Swasta (PTS) dan Perguruan Tinggi Negeri (PTN) yang berada di Kaltim.

Dalam pertemuan itu, banyak permintaan agar regulasi Permenristekdikti No. 44 tahun 2015 tentang Standar Nasional Perguruan Tinggi, dapat melihat secara letak geografis, dan tidak disamakan persyaratannya dengan perguruan tinggi yang berada di Pulau Jawa.

Selain itu, pihak perguruan tinggi juga meminta Kemenristekdikti untuk memberikan afirmasi untuk melasanakan Tri Dharma Perguruan Tinggi, dan meminta good will atau Quota bagi PTS dengan akreditasi B untuk mendapatkan dana penelitian dan pengabdian masyarakat serta anggaran sarana dan prasarana untuk kegiatan pengajaran.

Permasalahan lain yang terungkap adalah PP No. 10 tahun 2016 tentang Dosen dan tenaga kependidikan sebagai P3K pada PTN baru masih banyak menunggu pengangkatan dalam proses di Kemenristekdikti.

Permasalahan moratorium Kedokteran juga menjadi  bahan pertanyaan, mengapa di jawa masih ada yg lolos.

Masukan lainnya dari kalangan perguruan tinggi antara lain terkait Regulasi soal profesor agar tidak perlu jurnal Internasional yg mahal, tetapi para doktor melakukan pengabdian di daerah.

Uji kompetensi bidang keperawatan juga diminta untuk menyesuaikan agar penilaian disesuaikan dan mempermudah kelulusan, agar tidak banyak perawat menganggur yang disebabkan tidak lulus uji kompetensi.

Berbagai masukan ini sangat berarti bagi Komisi X DPR RI untuk melihat kembali regulasi yang dibuat oleh Kemenristekdikti, agar regulasi tersebut dapat disesuaikan untuk kepentingan dunia pendidikan.

Comments

comments

No Comment

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *