HomeBeritaFraksi Golkar DPR Minta Pemerintah Perhatikan Status Dwi Kewarganegaraan

Fraksi Golkar DPR Minta Pemerintah Perhatikan Status Dwi Kewarganegaraan

Jakarta – Anggota Komisi I DPR Fraksi Partai Golkar Bobby Rizaldi meminta pemerintah memperhatikan status dwi kewarganegaraan diaspora agar bermanfaat apabila diberikan secara selektif, khususnya bagi perlindungan Warga Negara Indonesia.

“Momentum kehadiran Barack Obama dalam Kongres Diaspora Indonesia ke-4 seakan menegaskan status dwi kewarnegaraan ini akan bermanfaat apabila diberikan secara selektif sebagai perlindungan WNI khususnya anak-anak,” katanya di Jakarta, Sabtu (1/7/2017).

Dia menjelaskan seseorang dengan status dwi kewarganegaraan masih memiliki masalah dasar hukum perdata di Indonesia, juga dengan asas nasionalitas yang mengharuskan untuk tunduk pada ketentuan negara nasionalnya. “Oleh karenanya dwi kewarganegaraan saat ini perlu selektif dan diakomodasi,” ujarnya.

Selain itu politisi Partai Golkar itu menilai Diaspora Indonesia dari gerakan sosial, sudah bergeliat menjadi gerakan hukum, sejak kongres pertamanya di Los Angeles. Proses itu menurut dia sudah maju yaitu Kementerian Luar Negeri Indonesia akan keluarkan kartu Diaspora sebagai identifikasi. “Akan tetapi jangan malah diaspora ini dijadikan celah untuk menambah beban negara Indonesia,” katanya.

Dia menilai pemerintah Indonesia harus secepatnya bersikap sehingga kejadian seperti Archandra Tahar tidak terulang lagi dan makin banyak diaspora Indonesia yang bisa bermanfaat untuk negara dan berbakti pada bangsanya kembali.

Comments

comments

No Comment

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *