HomeBeritaIni Catatan dari DPR, Jika Perppu AEoI Jadi Diberlakukan

Ini Catatan dari DPR, Jika Perppu AEoI Jadi Diberlakukan

Peraturan Pengganti Undang-Undang (Perppu) Nomor 1 Tahun 2017 Tentang Akses Informasi Keuangan untuk Kepentingan Perpajakan telah diterbitkan. Peraturan itu pun masih menjadi perdebatan sengit antara pelaku keuangan dengan kepentingan terkait lainnya.

Anggota Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) Komisi XI dari Fraksi Partai Golkar Muhammad Sarmuji mengatakan, terdapat beberapa catatan yang harus diperhatikan oleh pemerintah bila akhirnya menerapkan aturan tersebut. Diantaranya, dengan adanya Perppu ini maka penerimaan pajak yang hingga kini belum mencapai target seharusnya mampu tercapai.

“Toh pada akhirnya target pajak kok enggak tercapai biarpun ada tax amnesty, 2017 ada shortfall Rp50 triliun meskipun direvisi jadi Rp30 triliun. Dengan adanya Perppu ini sudah tidak ada alasan dari Dirjen Pajak, dimana target pajak enggak tercapai dan rasio pajak enggak berubah,” tegas Sarmudji dalam diskusi Solusi Akurat bertema ” Gundah Dana Nasabah” di Puang Oca Senayan, Jakarta, Minggu (23/7).

Sarmudji mengatakan, catatan yang kedua adalah ketakutan nasabah untuk menyimpan uang di perbankan turut menjadi perhatian dari DJP. Agar mampu memastikan tidak adanya kecurangan yang terjadi dalam pengintipan data nasabah ini.

“Ketiga, karena ada kewajiban industri perbankan dan industri jasa lainnya untuk melaporkan laporkan rekening data nasabah. Jangan sampai ada kerumitan baru yang menyusahkan mereka,” imbuhnya.

Selain itu, masalah keempat yang harus diperhatikan lainnya ialah yakni jangan sampai terdapat penyalahgunaan kewenangan lebih besar dari sumber daya manusia (SDM) Dirjen Pajak. Sehingga, diperlukan pengawasan terhadap para aparat pajak itu dalam mengakses informasi keuangan nasabah.

“Satu catatan lagi ini, kan kita bisa akses data nasabah Warga Negara Indonesia (WNI) yang ada di luar negeri. Katanya ada Rp 11 triliun di tax amnesty deklarasi dan repatriasi baru Rp4.888 triliun. Masih ada sisa banyak perlu diakses di luar negeri data WP kita, jangan sampai nanti terbengkalai lagi,” pungkasnya.

Akurat

Comments

comments

No Comment

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *