Aziz Syamsudin Semangat Baru Golkar di Kursi Pimpinan DPR RI

Jakarta – Sebanyak 711 anggota Majelis Permusyarawatan Rakyat (MPR) periode 2019-2024, yang terdiri dari 575 anggota Dewan Perwakilan Rakyat dan 136 anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD), sudah resmi dilantik pada Selasa (1/10/2019) pagi.

Acara pelantikan di Gedung Kura Kura, kompleks parlemen, Senayan ini disaksikan oleh Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Jusuf Kalla. Pasca pelantikan, pimpinan DPR, DPD dan sekaligus MPR berganti wajah.

Sementara itu, komposisi pimpinan DPR dan DPD sudah diketahui secara luas. Namun, tidak demikian dengan pimpinan MPR. Di DPR, lima pimpinan yang baru adalah Puan Maharani (PDIP), Aziz Syamsuddin (Golkar), Sufmi Dasco Ahmad (Gerindra), Rahmat Gobel (Demokrat) dan Muhaimin Iskandar (PKB).

Representasi kelima parpol menempati jabatan tertinggi di DPR karena memperoleh suara terbesar pada pileg 2019 lalu. Kelima pimpinan baru DPR merespon penugasan dan amanahnya dengan sukacita, termasuk Aziz Syamsuddin.

“Bismillah, kami bersama Ketua DPR, Puan Maharani akan berkordinasi dalam melaksanakan tugas-tugas sebagai Pimpinan DPR RI,” ungkap Aziz Syamsuddin, kepada wartawan, Selasa (1/10/2019).

Aziz dinilai layak mengisi salah satu pos wakil ketua DPR tersebut. Kecakapan, pembawaannya yang tenang, dan pengalaman politiknya yang panjang, membuat representasi Partai Golkar ini disegani kawan-kawannya. Aziz bahkan sempat dicalonkan sebagai ketua DPR pada periode yang lalu.

Ia menyebut bahwa dirinya siap mengemban tugas sebagai wakil ketua DPR. “Bismillah, bismillah. Ya siap mengemban tugas,” ujarnya.

Aziz sebelumnya disebut-sebut sebagai representasi Partai Golkar untuk menempati posisi Ketua MPR. Dukungan untuk Chef de Mission (CdM) kontingen Indonesia di SEA Games 2017, Malaysia, itu disampaikan oleh banyak senior partai berlambang beringin.

Pengalamannya di DPR pun cukup panjang. Aziz pernah menjadi Ketua Badan Anggaran DPR RI. Ia lama berada di Komisi III di DPR yang dikenal sebagai sarang macan, karena banyak anggota DPR yang vokal di Komisi tersebut.

Namun, dalam keputusan rapat harian DPP Partai Golkar Selasa siang yang dipimpin Airlangga Hartarto, diputuskan bahwa Aziz akan ditugaskan sebagai Pimpinan DPR RI. Sementara, Bambang Susatyo ditempatkan di MPR.

Kini Aziz akan mengemban tugas dan amanah baru yang lebih besar sebagai Wakil Ketua DPR RI. Sehingga banyak harapan menggantung di pundaknya.

Detik

0 Reviews

Write a Review

Read Previous

Bidik Komisi I DPR RI, Ini yang Akan Diperjuangkan Nurul Arifin

Read Next

Fraksi Golkar Ingin Kader Muda & Perempuan Berperan di AKD

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *