Breaking News :

DPR RI Gelar Rapat Paripurna, Buka Masa Sidang III Tahun 2023-2024

DPR RI hari ini menggelar rapat paripurna pembukaan masa persidangan III tahun 2023-2024, yang dipimpin oleh Wakil Ketua DPR RI, Dasco, dan dihadiri oleh Ketua DPR RI Puan Maharani, Wakil Ketua DPR RI Lodewijk F Paulus, dan Rachmat Gobel.

Adapun agenda rapat paripurna kali ini, yakni penyampaian pidato dari Ketua DPR RI. 

Pembukaan masa sidang ini dilakukan usai masa reses DPR sejak 6 Desember 2023, dan DPR RI akan kembali memasuki masa reses menjelang digelarnya Pemilu 2024, yakni pada 7 Februari mendatang.

Ketua DPR RI menegaskan DPR akan tetap bekerja efektif meski saat ini sedang masa kampanye Pemilu dan Pilpres 2024. Puan juga mengatakan DPR akan terus berkomitmen tetap merespons hal-hal mendesak dan strategis.

Dalam tugas legislasi, DPR akan melanjutkan pembahasan 19 RUU yang saat ini masih dalam tahap pembahasan tingkat satu. Rinciannya, tiga RUU usulan DPR, lima RUU usulan pemerintah, tiga RUU usulan DPR, dan tiga RUU kumulatif terbuka. Selain itu, ada 34 RUU yang akan segera masuk daftar pembahasan tingkat satu. Rinciannya tiga RUU usulan DPR, dua RUU usulan pemerintah, dan 29 RUU kumulatif terbuka.

Karena waktunya singkat, sudah menjelang masa pemilu maka akan diprioritaskan mana yang harus dilaksanakan, mana hal yang harus diteruskan sesudah pemilu bulan Februari. Ada beberapa RUU yang memang sudah masuk ke tingkat satu, dan itu pun tidak mungkin bisa masuk ke tingkat dua dalam waktu yang singkat, satu bulan kurang lebih. Jadi akan tetap dibahas, dan meminta masukan dari seluruh elemen, kemudian organisasi dan lain sebagainya untuk kemudian nantinya bisa diteruskan pasca pemilu bulan Februari.

0 Reviews

Write a Review

Read Previous

Dyah Roro Esti Sebut Pentingnya Regenerasi Petani

Read Next

Komisi II DPR Rapat Bareng MenPAN-RB dan Kepala BKN, Bahas RPP ASN