Kaukus Perempuan Parlemen Terima Delegasi Korea Selatan - Fraksi Golkar DPR RI

Breaking News :

Kaukus Perempuan Parlemen Terima Delegasi Korea Selatan

Kaukus Perempuan Parlemen (KPP-RI) mengadakan pertemuan dengan delegasi Korea Selatan di Gedung DPR RI, Senayan, Jakarta, Senin (23/11). Pertemuan tersebut membahas keterwakilan perempuan di parlemen, keberhasilan penanganan Covid-19 hingga penguatan peningkatan kerjasama di berbagai bidang menguak dalam pertemuan tersebut.

Ketua KPP RI Diah Pitaloka mengapresiasi kesuksesan Korea Selatan dalam penyelenggaraan pemilu legislatif di masa pandemi pada tanggal 15 April lalu. Terlebih, penyelenggaraan pemilu tersebut berhasil menghantarkan keterwakilan perempuan hingga 19 persen. “Korea sama dengan Indonesia, sama-sama ingin meningkatkan partisipasi perempuan di politik dan meningkatkan kursi perempuan di parlemen,” jelasnya legislator Fraksi PDI-Perjuangan ini.

Selain itu, KPP juga mengapresiasi keberhasilan korea dalam menekan laju perkembangan virus Covid-19. “Mereka menyampaikan, keberhasilan Korea Selatan menangani Covid-19 terletak pada kepatuhan (support) masyarakat dalam menjalankan protokol kesehatan, transparansi pemerintah hingga sanksi yang diberikan kepada pelanggar protokol kesehatan,” jelasnya.

Disampaikan Diah, banyak peluang kerja sama dari pertemuan hari ini, mulai dari kerjasama industri kesehatan, energi, ekonomi, budaya hingga pariwisata. “Dengan ada pandemi, kesehatan begitu penting. Indonesia dan Korea Selatan memiliki kesamaan yaitu menghasilkan obat herbal untuk itu, masalah medical dan health perlu ditingkatkan,” katanya.

Ia juga menyampaikan, KPP sedang memperjuangkan RUU Penghapusan Kekerasan Seksual serta meningkatkan keterwakilan perempuan di dalam Undang-Undang pemilu yang saat ini sedang dibahas di Badan Legislasi DPR RI. Selain perjuangan di legislasi KPP juga memberi dukungan kepada kaum perempuan untuk menduduki jabatan sebagai pejabat publik.

H.E. Kim Sanghee, Deputy Speaker of the National Assembly Republic of Korea menyampaikan terima kasih atas sambutan hangat dari Kaukus Perempuan Parlemen. Kim Sanghee berharap kerja sama tidak hanya bilateral tetapi bisa membawakan hasil yang baik bagi kawasan ASEAN.

“Saya melihat peluang ini akan sangat bermanfaat bagi peningkatan kerja sama kedua negara dan bangsa. Saya berharap kita bisa meningkatkan komunikasi yang lebih intensif dan kerja sama ke depan sehingga bisa memberikan manfaat bagi masyarakat kita,” tandasnya.

0 Reviews

Write a Review

Read Previous

DPR RI dan Pemerintah Bahas Pelibatan TNI dalam Penanganan Terorisme

Read Next

Komisi IV Terima Aspirasi Masyarakat Terkait Pembuangan Limbah Tapioka